Aplikasi Pengelolaan Bangunan BRI Tower Menggunakan IONIC Framework dan Full Rest API

Main Article Content

Moch. Fachri Kamil
Rangga Sanjaya

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat dan memberikan kontribusi yang besar terhadap aspek kehidupan. Terdapat beberapa aspek yang terbantu oleh kemajuan teknologi informasi, diantaranya teknologi yang digunakan dalam pengoperasian gedung yaitu IBMS. IBMS adalah singkatan dari Intelligent Building Management System adalah sistem kontrol dan monitor yang digunakan pada suatu gedung atau bangunan yang bertujuan untuk mengintegrasikan atau menghubungkan seluruh sistem pada bangunan tersebut.Penerapan teknologinya pun beragam dan salah satunya diaplikasikan ke dalam  BRI Tower untuk membantu dalam mengatur efisiensi penggunaan energi dan waktu dalam suatu gedung. Deskriptif yang penulis pilih untuk metode penelitian ini, sedangkan untuk alat bantu penulis memilih metode pendekatan berorientasi objek yang divisualisasikan dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Kemudian, untuk metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya suatu sistem informasi berbasis mobile yang terintegrasi meliputi proses pembuatan laporan pengaduan, informasi bagi penyewa, informasi tagihan listrik, air dan kebutuhan lainnya. Kemudian, dengan adanya sistem ini dapat meminimalisir kesalahan input data karena sudah tersimpan ke dalam database.

Article Details

Section
Articles

References

Y. Yuliana, R. Sanjaya, and M. N. Shobary, “Analisis Kepuasan Pegawai Terhadap Layanan Unit Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Di PT Kereta Api Indonesia (Persero),” J. Inform., vol. 3, no. 2, 2016.

B. Gunawan, M. S. Mubarak, N. Anbar, and R. Sanjaya, “STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI E-COMMERCE UMKM RUMAH SAYUR LEMBANG MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT,” J. Teknol. DAN OPEN SOURCE, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2020.

D. Lesmana, “Pengaruh Kualitas Layanan Manajemen Gedung Terhadap Kepuasan Pengguna Gedung Kasus Studi: Hotel Bumi Surabaya,” in Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), 2021, no. 6, pp. 15–25.

R. Sanjaya and S. Sondari, “Sistem Pengelolaan Gangguan Layanan TI Menggunakan Trouble Ticket Di PT. Trindo Pratama,” J. Inform., vol. 4, no. 1, 2017.

S. Setiawan, A. Liandy, M. Mardiansah, and A. Ratnasari, “Aplikasi Pelayanan Rumah Susun Berbasis Website (Studi Kasus: Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi),” JATISI J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 494–507, 2021.

E. Barlian, “Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif,” 2018.

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, and D. Risdiansyah, “Penerapan metode SDLC waterfall dalam perancangan sistem informasi administrasi keuangan berbasis desktop,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, 2018.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram Uml Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” JTIK J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2020.

D. Hasanudin and O. Adityawan, “Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface (UI),” PANTUN, vol. 5, no. 2, 2021.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING Satuan Tulisan Ris. Dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018.