Perancangan Aplikasi Tracking Sales Berbasis Android pada PT. Infinity

Main Article Content

Yusup Nur Abdurrahman
Sari Susanti

Abstract

            Perkembangan teknologi yang semakin signifikan seiring majunya zaman, berimbas kepada pemanfaatan dari teknologi tersebut. PT. Infinity adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan sumber daya manusia. Berutjuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dengan staf berpengalaman. Salah satu perusahaan besar yang sedang bekerja sama dengan PT. Infinity adalah Akulaku. Pemantauan dan pengawansan salesman ketika bekerja harus lah berlangsung dengan efektif dan efisien. Bermula dari proses penyebaran lokasi kerja para salesman, posisi salesman berada, hingga absensi serta laporan. Sistem pengawasan dan pemantauan yang saat ini terjadi masih dilakukan dan diinformasikan melalui Group Chat aplikasi Whatsapp berupa file .jpg hasil dari swafoto. Hal in memungkinkan terjadinya risiko pemalsuan informasi dan akan menyulitkan para atasan dalam melakukan pemantauan dan pengawasan. Kemudian absensi para salesman juga diinformasikan melalui GroupChat Whatsapp yang memungkinkan terjadinya Data yang tercecer serta permasalahan yang berkaitan dengan laporan. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall dengan Java sebagai Bahasa Pemograman berbasis Android. Aplikasi ini juga dibangun menggunakan teknologi Google Maps API guna dapat menginformasikan secara live lokasi posisi saleman berada saat ini. Hasil yang didapat dengan dibuatnya aplikasi tracking sales ini dapat mempermudah proses atau kegiatan pemantauan ataupun pengawasan supervisore atau team leader kepada sales.

Article Details

Section
Articles

References

Marjuki B, 2016, Survey dan Pemetaan Menggunakan GPS, Bramantiyo Marjuki, Jakarta.

Aip Suprapto Munari, 2020, Panduan Lengkap Algoritma Haversine Formula Pada Sistem Monitoring Mahasiswa Internship Berbasis GPS, CV. Kreatif Industri Nusantara, Bandung.

Ir. Hudiono, Mochammad Taufik, Koesmarijanto, dan Hendro Darmono, 2018, Sistem Komunikasi Radio dan Laboratorium, UPT Percetakan dan Penerbitan Polinema, Malang.

Juniar Hutagalung dan Azlan, 2020, Penerapan AHP-GIS Berbasis Web, Penerbit Lakeisha, Klaten.

Aljundi dan Akbar, 2018, Klotin Zero to Hero : Membuat Aplikasi Android dengan Klotin Cocok Untuk Pemula, Udacoding, Tangerang Selatan.

Miftahul Huda, 2019, Teknologi Komputer: Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Mempermudah Penyelesaian Tugas dan Pekerjaan yang Dihadapi, Bisakimia, Bogor.

Sanubari, Prianto dan Riza, 2020, ODOL (One desa One Product Unggulan Online) Penerapan Metode Naïve Bayes Pada Pengembangan APlikasi E-Commerce Menggunakan Codeigniter, Kreatif, Bandung.

I Sudaryana, 2018, JBASE, Aplikasi Monitoring Aktivitas Sales dalam Pencapaian Target Penjualan di Devisi Consumer Goods, Vol 1, 52-61.

Luthfiyah M, 2018, Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, CV. Jejak (Jejak Publisher), Kab. Sukabumi.

S. Susanti, E. Junianto, and R. Rachman, “Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web,” J. Inform. UBSI, vol. 4, no. 1, 2017.

M. M. H. Junaedi, S. Susanti, and A. Mubarok, “Penerapan Framework Laravel Pada Aplikasi Hris (Human Resource Information System),” J. Responsif, vol. 2, no. 2, pp. 176–183, 2020.

S. Susanti, “Implementasi Pencarian Fulltext Menggunakan Algolia Pada E-Commerce,” vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2019.