Simulasi Manajerial Wirausaha Kedai Kopi Berbasis Web di Kong Djie Coffee

Main Article Content

Zidan Galih Nurtaufiq
Sari Susanti

Abstract

Kedai kopi menjadi salah satu industri kuliner yang saat ini semakin populer dan terkenal. Kedai kopi Kong Djie cabang Antapani selalu ramai dikunjungi oleh para penikmatnya di akhir pekan. Permasalahan yang ada ialah terkadap pramusaji kerepotan ketika pada akhir pekan yang relatif ramai dikunjungi oleh konsumen. Hal ini mengakibatkan t pesanan dari konsumen yang disampaikan oleh pramusaji dengan menu yang disiapkan oleh chef dan barista terkadang tidak sinkron. Kemudian kurang estimasinya penempatan jumlah konsumen dengan jumlah kursi sesuai dengan meja yang tersedia. Pihak manajemen cabang Kong Djie di Antapani harus melakukan manajerial yang terampil ke setiap pelayanannya. Pada penyusunan skripsi ini penulis mengusulkan suatu game simulasi berbasis web. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membuat aplikasi permainan simulasi manajerial wirausaha kedai kopi berbasis web di Kong Djie Coffee. Hasilnya permainan simulasi manajerial kedai kopi dapat meningkatkan ketepatan pesanan menu makanan atau minuman dari konsumen yang disampaikan oleh pramusaji kepada chef dan barista sehingga lebih sinkron, pengkondisian penempatan jumlah konsumen dengan jumlah kursi pada meja yang tersedia lebih sesuai, dan membantu pihak manajemen agar terbiasa dengan situasi kerja di kedai kopi dengan banyaknya jumlah kunjungan.

Article Details

Section
Articles

References

E. Rasmikayati, A. N. Deaniera, D. Supyandi, Y. Sukayat, and B. R. Saefudin, “Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 6, no. 2, p. 969, 2020, doi: 10.25157/ma.v6i2.3629.

A. B. Nopian, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Kedai Kopi CELLESTIAL Lembang Kab. Bandung Barat).” PERPUSTAKAAN, 2019.

B. D. Soebakir, B. Lumanauw, and F. Roring, “Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 4, 2018.

M. Ardianto, “RANCANG BANGUN SIMULASI BISNIS BERBASIS WEBSITE,” 2021.

P. I. Sari, “Pengembangan Aplikasi Web Untuk Simulasi Simpan Pinjam (Studi Kasus: Lembaga Keuangan Syariah BMT L-RISMA).” Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia, 2017.

J. D. Sehang, V. Tulenan, and A. M. Sambul, “Perancangan Game Simulasi Kewirausahaan,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 79–88, 2019.

A. R. Benny, “Implementasi Konsep Berbisnis Retail Dalam Game Simulasi ‘Bikin Rame Aja’ Dengan Menggunakan Game Engine Unity,” 2017.

M. Rahman, “Pembangunan Game Simulasi Wirausaha Kuliner Berbasis Android Menggunakan Unity.” Fakultas Teknik, 2018.

D. A. S. Soewandi, “Penciptaan Model Pembelajaran Bisnis Melalui Game ‘Chochorillo: The Lost Receipes,’” J. Animat. Games Stud., vol. 2, no. 1, pp. 93–136, 2016.

A. P. Yudha and W. Wiguna, “Aplikasi Media Promosi Mobile Game 2D Simulasi Kosmetik Purbasari di PT GOC,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 398–406, 2020.

W. Wiguna, P. Mauliana, and A. Y. Permana, “Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama,” J. RESPONSIF Ris. Sains Inform., vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2020.

J. Raco, “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018, doi: 10.31219/osf.io/mfzuj.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2021.

N. Wahyuni, M. I. A. Jasticia, and Fitria Mardiana Nugraha, “Analisis Perbandingan Sistem Data Pokok Pendidikan ( Dapodik ) Tingkat Smk,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. April, pp. 2597–3827, 2018.

D. M. Setiawan and W. Wiguna, “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity di TK Ryadlol Hasanah,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 208–217, 2021.

A. Suryadi and Y. S. Zulaikhah, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.5738.

R. Ridwan and W. Wiguna, “Aplikasi Desain Sertifikat Penghargaan Berbasis Mobile di SMK Al Mukhlisiyah,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 320–329, 2020.