PERANCANGAN SISTEM APLIKASI INVENTORY BARANG AGENT PT INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA

Main Article Content

Sandi Hidayat
Iedam Iedam

Abstract

PT Infomedia Solusi Humanika adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Contact Center atau jasa komunikasi dimana pencatatan untuk input barangnya masih menggunakan cara yang manual. Sistem inventory yang lebih sistematis sangat dibutuhkan oleh perusahaan ini. Tujuan dari penelitian ini ialah mencari cara menangani proses dalam pendataan barang masuk, barang rusak atau barang yang sedang digunakan, dan cara membangun sistem inventory barang agent yang dapat memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan admin atau supervisor PT Infomedia Solusi Humanika sebagai data primer. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk penilitian ini ialah metode Waterfall dimana ada lima tahap seperti analisis kebutuhan, desain, implementasi, integrasi dan pengujian, pemeliharaan (maintenance). Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan sistem aplikasi inventory barang berbasis web. Di aplikasi ini pencatatan inventory barang jadi lebih sistematis dan datanya tersimpan dengan aman dan mempermudah pihak admin dalam proses pencatatan kondisi dan jumlah barang yang ada menjadi lebih efektif dan efisien.

Article Details

Section
Articles

References

Agusvianto, Hendra. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus: PT. alaisys Sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Anwar, S. N., Nugroho, I., & Lestariningsih, E. (2015).PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE SEMARANG. 5(2), 135–145

Fahrisal, F., Pohan, S., & Nasution, M. (2018). PERANCANGAN SISTEM INVENTORY BARANG PADA UD. MINANG DEWI BERBASIS WEBSITE. INFORMATIKA, 6(2), 17-23. (http://ojs.amiklabuhanbatu.ac.id/index.php/JIFOR/article/view/91/86)

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016).Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap. Jurnal Informatika.

Rahmawati, DI (2016). Tujuan Pengelolaan Persediaan. Laporan Kuliah Kerja Praktek.

Sukamto, Rosa A dan M. Salahudin, (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Penerbit Informatika

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi Offset.