PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BELAJAR HURUF ALPHABET PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Main Article Content

Muhammad Reza Andhika Dwinusa
Sari Susanti

Abstract

Anak usia dini berkisar umur 0 – 13 tahun berada dalam masa Golden Periode (Periode Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. Oleh karena itu proses perkembangannya harus dimaksimalkan terutama pada pengenalan huruf alphabet sebagai bekal utama dalam belajar membaca. Perkembangan media pembelajaran saat ini sangat beragam, mulai dari metode tatap muka maupun melewati media online. Namun metode tatap muka yang sering dijumpai disekolah dinilai kurang efektif dan kurang menarik bagi siswa. Hal ini dapat menyebabkan turunnya mutu belajar dan nilai disekolah. Oleh karena itu perlu adanya sebuah media yang mampu membuat siswa tertarik dan ingin belajar. Penulis membuat sebuah game edukasi dengan harapan mampu meningkatkan mutu belajar dan nilai, khususnya dalam hal belajar membaca huruf-huruf alphabet. Game edukasi merupakan suatu permainan yang dirancang khusus agar dapat belajar dan bermain secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari game edukasi pengenalan huruf-huruf alphabet untuk anak-anak usia 4-7 tahun atau setara maksimal Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar kelas 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development atau sering disebut metode pengembangan. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, implementasi dan pengujian menggunakan Black Box Testing. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi belajar huruf alphabet pada anak usia dini menggunakan construct 2  yang telah layak untuk diuji cobakan pada anak-anak, dengan harapan dapat meningkatkan mutu belajar dan nilai khususnya dalam belajar membaca huruf-huruf alphabet.

Article Details

Section
Articles

References

Vanagosi, K. D. (2016). Konsep gerak dasar untuk anak usia dini. Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1, 72–79. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/296906/konsep-gerak-dasar-untuk-anak-usia-dini

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Dian Wahyu Putra, A. P. N., & Puspitarini, E. W. (2016). GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. 1(1), 46–58. Retrieved from http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/7

Dora et.al. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7–14.

Sugiyono (2010). Komik Profesi Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) Untuk Siswa Sekolah Dasar. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/PGSD17/PGSD2017/paper/view/2439