APLIKASI MONITORING KEGIATAN PESERTA MAGANG QUALITY ASSURANCE DI PT. WALDEN GLOBAL SERVICES BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Nesy Widyastuti
Fitriyani

Abstract

Kegiatan magang menjadi salah satu kegiatan penting yang harus diadakan oleh Perguruan tinggi atau Sekolah Menengah Kejuruan bahkan menjadikannya sebagai syarat kelulusan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kontribusi peserta magang dalam pengembangan proyek aplikasi yang dalam tahap pengujian di PT. Walden Global Services. Pada prosesnya terdapat permasalahan seperti kurangnya komunikasi secara langsung dengan pembimbing perusahaan karena memiliki kesibukan terhadap pekerjaannya, sehingga membuat kemungkinan teknik pengujian yang dilakukan oleh peserta magang tidak cukup baik untuk mendeteksi kesalahan pada aplikasi, serta pendataan mengenai profil peserta magang dan sekolah atau perguruan tinggi yang dilakukan kurang lengkap dan terkadang terjadi kesalahan pada surat keterangan magang dari pihak perusahaan. Berdasarkan hasil observasi tersebut dibuatlah aplikasi agar pembimbing perusahaan dapat mengawasi kegiatan peserta magang dan mengelola data peserta magang secara lengkap, pada aplikasi terdapat beberapa tipe pengguna yang mempunyai hak akses dan fitur yang berbeda. Penyimpanan data pada aplikasi ini menggunakan firebase real-time database, sistem operasi pada aplikasi mobile yaitu android.

Article Details

Section
Articles

References

Huda, F. A., Thoharudin, M., & Sore, A. D. (2018). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja SiswaSMK Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Se-Kota Sintang. Vox Edukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1).

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Absi Sistematika.

Sari, C., Saragi, R., Siahaan, F. E., Informatika, J. T., Studi, P., Informatika, T., & Batam, P. N. (2017). Clustering Dan Visualisasi Data Magang Mahasiswa I-65 I-71 I-66 I-72. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Aplikasinya (SENTIA), 9, 71–76.