Aplikasi Koperasi Berbasis Web (Studi Kasus: Koperasi Mitra Sarasa)

Main Article Content

Rahma Setiawan
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Perkembangan teknologi serta penggunaan internet sangat berkembang pesat. Penggunaan internet telah menjadi suatu kebutuhan kegiatan masyarakat dalam mengakses informasi yang cepat dan mudah diterima. Peranan internet dengan perkembangan teknologi di platform website dalam lembaga koperasi di Indonesia, belum semua dapat memanfaatkannya untuk media penyebaran informasi dan pengelolaan data. Salah satunya koperasi mitra sarasa yang belum memaksimalkan peranan internet serta perkembangan teknologi di platform website sebagai media penyebaran informasi serta memebantu pengelolaan data. Maka dari itu, dibutuhkan sistem yang membantu menyelesaikan masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam sistem ini adalah PHP, CSS dan juga JavaScript. Hasil dari penelitian ini berupa website yang dapat membantu pihak koperasi dalam proses pengerjaan serta menyebarkan informasi kepada seluuruh anggotanya. Diharapkan dengan adanya sistem informasi berbasis website ini dapat memperluas jangkuan penyebaran informasi mengenai lembaga koperasi mitra sarasa dan juga dapat membantu memudahkanpihak koperasi dan para anggotanya.

Article Details

Section
Articles

References

APJII. (2018). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Teknopreneur, 2018(31 August 2018), Hasil Survey.

Isa, I. G. T., & Hartawan, G. P. (2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 139–151.

Mulyani, S. (2016). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DAERAH (Kedua). ABDI SISTEMATIKA.

Nursikuwagus, A., & Juliana, T. (2016). Perangkat Lunak Sistem Manajemen Aset Dalam Penanganan Aset It. Simetris?: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1), 111. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.494

Subhiyakto, E. R., & Utomo, D. W. (2017). RMTool; Sebuah Aplikasi Pemodelan Persyaratan Perangkat Lunak menggunakan UML. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(3), 268–274. https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i3.328

Syahrial, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Unit Desa Panda Jaya Geragai. Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Unit Desa, 1(1), 80–94.