SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT GANGGUAN SALURAN PENCERNAAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Main Article Content

Muhammad Zico Alwinda Putra
Maxsi Ary

Abstract

Penyakit gangguan saluran pencernaan merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Berdasarkan data dari Wolrd Health Organization (WHO) penyakit gangguan saluran pencernaan kebanyakan terjadi pada negara berkembang, terlihat dari angka prevalensi penyakit saluran pencernaan yang sering dirasakan oleh setiap orang seperti Diare, Hemoroid, dan Fissura anus. Sistem pakar ini menggunakan metode certainty factor digunakan untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan penulis gangguan saluran pencernaan yang memiliki nilai persentase sebesar 93% pada penyakit diare, sedangkan hemoroid sebesar 30% dan fissura anus sebesar 60% semua nilai persentase ini diperoleh dengan melakukan diagnosis penyakit sesuai gejala yang dimasukan.

Article Details

Section
Articles

References

Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple web Programing. PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=E4tKDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pengertian+php,+css,+sql,+xampp&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjPhpjV44rpAhVFbSsKHSzDAD0Q6AEIOTAC#v=onepage&q&f=true

Ashari & Andi Yulia Muniar. (2016). PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PENCERNAAN DENGAN PENGOBATAN CARA HERBAL. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 2, No.

Daldiyono Hardjodisastro. (2006). menuju seni ilmu kedokteran?: bagaimana dokter berfikir dan bekerja. Gramedia Pustaka Utama.

Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar. https://books.google.co.id/books?id=eVLpMIoxq8IC&printsec=frontcover&dq=kusrini&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwidgdHSxJbqAhXA7HMBHfCXAtkQ6AEwAnoECAcQAg#v=onepage&q=kusrini&f=false

Muharto, & Ambarita, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Penelitian (S. Hasan (ed.)). DEEPUBLISH.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

T.sutojo, Edy mulyanto, V. suhartono. (2011). Kecerdasan buatan. Andi Offset.

WHO. (2002). Penyakit Bawaan Makanan: fokus pendidikan kesehatan (P. & d. a. H. P. P. Widyastuti (ed.)). Buku Kedokteran ECG.

Willy, T. (2019). Gangguan Saluran Pencernaan. Alodokter. https://www.alodokter.com/gangguan-pencernaan