PENERAPAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP EKONOMI PLAYER PADA GAME WORLD OF WACRAFT (STUDI KASUS : WILAYAH KOTA BANDUNG)

Main Article Content

Andri Hendriana
Rizal Rachman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas maraknya player game berbasis online khususnya jenis MMORPG yang sangat mendunia. Penyebabnya dikarenakan terdapatnya nilai ekonomi di dalam game tersebut salah satunya World Of Wacraft. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat, kemudahan, dan kepuasan player berdasarkan nilai ekonomi yang didapat pada saat bermain game tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode sampel yang di gunakan adalah sampel acak karna cakupan player game World Of Wacraft terlalu banyak hampir seluruh dunia. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian metode TAM dengan menggunakan nilai koefisien regresi didapat tingkat kepuasan meningkat sebesar 54,7% berdasarkan faktor kemanfaatan, 27,1% berdasarkan faktor kemudahan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, semakin tinggi persentase kemanfaatan dan kemudahan yang didapat maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang didapat oleh player. jika dilihat dari tingkat kepuasaan tersebut banyak player semakin tertarik dengan permainan tersebut. Jadi dilihat dari penelitian ini bermain game itu tidak hanya untuk bersenang senang namun dapat juga keuntungan dari nilai ekonomi tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Arfiansyah, M. A. (2018). ANALISIS GAMEPLAY DAN GAME MEKANIK UNTUK BERKUBU DAN MENCARI MUSUH DALAM GAME MMO (Massively Multyplayer Online) WORLD OF WARCRAFT & AUDITION AYODANCE. Fakultas Teknik Unpas.

Hartatik, S. R., & Budihartanti, C. (2020). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI GO-JEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAM ( Technology Acceptance Model ). 7(1).

Nugraha, A. (2017). PENYUSUNAN ANATOMI DAN ANALISIS TEACHING PLAYER PADA GAME CLASH OF CLANS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31028

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere | Vol. 01 | No. 01 | April 2017 | p-ISSN?: 2597-9507 | e-ISSN: 2597-9515. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i1.20