RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR PADA CV. JOIS SALON

Main Article Content

Garnis Sekarini
Sari Susanti

Abstract

Perusahaan yang bergerak dibidang jasa sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu salon kecantikan yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan. Pada saat ini badan usaha level atas sudah menggunakan sistem informasi pada perusahaannya agar dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Salah satu salon kecantikan yang ada di kota Bandung yaitu Jois Salon, pada Jois Salon belum terdapat sistem informasi yang berjalan khususnya dalam transaksi pembayaran, seluruh prosesnya masih dilakukan secara manual hal ini mengakibatkan sistem transaksi sedikit lama dan sistem pelaporannya tidak terekam dalam database, maka dari itu dibuatlah aplikasi sistem kasir pada CV. Jois Salon berbasis desktop dengan menggunakan metode waterfall dan bahasa pemrograman Java serta database yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu MySql. Pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak Jois Salon dalam pengelolaan data transaksi yang berlangsung. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi sistem kasir berbasis desktop sehingga proses transaksi yang berlangsung dapat dikelola secara komputerisasi sehingga mengurangi risiko kerusakan dan kehilangan data serta dalam penghitungan jumlah transaksi akan lebih akurat dan juga dalam pembuatan laporan transaksi dapat lebih efektif dan efisien

Article Details

Section
Articles

References

Ali, A. F. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BARANG BERBASIS JAVA PROGRAMMING. 2(1), 8–17.

Larasati, H., & Masripah, S. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian Grc Dengan Metode Waterfall. None, 13(2), 193–198.

Ratulangi, U. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 12(1). https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17791

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.

Septiyana. (2018). ANALISIS PENERAPAN LEAN SIX SIGMA PADA PROSES PENGAMPLASAN DI PERUSAHAAN JASA KROM. 58.

Yusuf, Setiawan, R. (2017). Perancangan Mebel Fleksibel Pada May May Salon Tunjungan Plaza Surabaya. None, 5(2), 899–908.