Apikasi Grammar Learning Method Bahasa Inggris Berbasis Website

Main Article Content

Jery Nur Fahmi
Sari Susanti

Abstract

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa international yang digunakan diseluruh dunia. Ketika orang dari Negara lain bertemu satu sama lain, mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Komunikasi dapat terwujud jika sesorang menguasai empat keterampilan bahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada proses belajar Bahasa Inggris terdapat tiga elemen bahasa yang berperan penting dalam mendukung empat keterampilan tersebut, yaitu pronunciation (pelafalan), vocabulary (kosa kata), dan grammar (struktur bahasa). Dari tiga elemen diatas Grammar (tata bahasa) yang sangat membutuhkan banyak teori dalam pemahamannya. Oleh karena itu diperlukan praktek tutor atau guru yang propesional agar dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Seiring dengan Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sistem informasi yang berkembang pesat, sehingga memunculkan adanya inovasi dalam metode belajar mengajar. salah satunya adalah e-learning. Adanya e-learning dapat membantu pengajar dan pelajar dalam proses belajar karena e-learning bersifat lebih efisiensi waktu, serta dapat berbagi lebih banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall alasan digunakanya metode ini adalah metode karena proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak, fokus pada desain pembuatan program perangkat lunak, mentranslasikan desain ke dalam program perangkat lunak, pengujian fokus pada perangkat lunak secara dari segi logika dan fungsional dan memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa untuk belajar Grammar dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini juga telah dilengkapi banyak fitur yang dapat mengasah kemampuan siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Harahap, N. S., & Putri, F. A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Platform Android ( Studi Kasus?: Sekolah Menangah Atas ). 3(1), 41–46.

Kholiani, W., & Rosyadi, I. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS PADA ENGLISH CLUB BERBASIS ADOBE FLASH CS 3. VOL.2.

Mardewi, T., & Tires, T. D. (2018). Sistem informasi pembelajaran english grammar berbasis web. 2(1), 1–8.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. 2, 147–156.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus?: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). I(3), 31–36.

Pujiawati, N. I. A. (2018). MENGINTEGRASIKAN AUTOMATIC GRAMMAR CHECKER. 6, 1–11.

Raco, J. . (2010). Metode Penelitian Kualitatif (L. Arita (ed.)). PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Simarmata, J. (2010). Rekaya Perangkat Lunak (W. Nikodemus (ed.)). C.V ANDI OFFSET.

Sriyanto, W. (2018). Edmodo Dalam Pembelajaran Grammar Dan Tingkat Literasi Teknologi Mahasiswa. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 2004, 433–448.

Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. 4(1).