SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DAN PELAYANAN KANTOR KELURAHAN SUKABUNGAH KOTA BANDUNG

Main Article Content

Fitri Khoirunnisa
Siti Roifah
Soni Setiawan
Rangga Sanjaya

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Salah satunya yaitu melalui e-government. Kelurahan sukabungah kota Bandung merupakan salah satu kelurahan yang berada di kota Bandung yang telah menerapkan prinsip-prinsip SPBE tetapi belum secara maksimal. Dimana sistem pelayanan dan administrasi kelurahan masih dilakukan secara manual, hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan permintaan layanan hingga mengakibatkan antrean permintaan masyarakat melebihi kapasitas ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah sistem pelayanan dan administrasi kantor kelurahan menjadi sistem yang terkomputerisasi berbasis Web. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini yaitu menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini yaitu pembuatan sistem informasi administrasi dan layanan kantor kelurahan berbasis web yang dapat di akses langsung oleh pihak masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Amalia, E., & Adietya. (2019). Analisis dan Evaluasi Tingkat Kematangan E-Government pada Information Architecture dengan Menggunakan United Nations Model. 3(1).

Hediyanto, U. Y. K. S. (2019). Penelitian E-Government di Propinsi Jawa Barat?: Kajian Pustaka Sistematis. 19(2018), 95–104.

Juliana, R. F., Renaldi, F., & Santikarama, I. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Desa Cikande Jawa Barat. 38–44.

Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetyo, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., … Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. 1(1), 1–6.

Syafriyani, I. (2019). Implementasi E-Government Dalam Menjawab Tantangan Pelayanan Publik di Kabupaten Sumenep.

Taqiya, N. A., Mukaromah, S., & Pratama, A. (2020). Analisis Tingkat Kematian SPBE di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur. XV, 22–33.

Wibiksana, I. G., Lestary, D., & Azmi, A. U. (2019). Implementasi Kebijakan Pelaksanaan E-Goverment Pada Desa Sayang Kabupaten Sumedang. 7.

Yudhanto, Y., Ardhi, O. D. W., & Purbayu, A. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Desa ( Simda ). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 1–6.

Yuhefizar, Sanjani, H., & Chadri, R. (2019). Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Goverment) Dengan Pendekatan Bottom-UP Berbasis Web di Sumatera Barat. SEMINAR NASIONAL MULTIDISIPLIN ILMU, 2.