SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN ALAT TES PADA LABORATORIUM UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI BERBASIS WEB

Main Article Content

Mulya Nurdin
Rangga Sanjaya

Abstract

Laboratorium merupakan penunjang proses belajar mengajar, khususnya di fakultas psikologi, Universitas Jenderal Achmad Yani yang di dalamnya terdapat laboratorium dengan ketersedian alat dan bahan penunjang untuk kegiatan praktikum. Seperti alat praktik dan alat ukur memiliki resiko besar terhadap kerusakan dan kehilangan alat, sehingga dibutuhkan sebuah sistem pencatatan data terhadap transaksi peminjaman alat, agar data peminjam dan keberadaan alat dapat diketahui. Dengan kondisi sistem yang berjalan saat ini sudah tidak lagi efisien dan tidak efektif lagi untuk dilakukan. Maka dari itu peneliti mengembangkan suatu sistem informasi berbasis web yang dapat membantu pengelolaan pada peralatan laboratorium sehingga pelayanan pada peminjaman alat bisa lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development atau sering disebut metode pengembangan. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, desain, code dan testing. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode BlackBox Testing, dimana pengujian ini dilakukan hanya pada fungsionalitasnya saja. Pada tahap pengujian BlackBox Testing didapatkan hasil yang sesuai dengan fungsinya.

Article Details

Section
Articles

References

Ardiansyah, & Harnaida, F. (2017). Sistem Informasi It Asset Management Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada Pt. Aero Systems Indonesia (Asyst). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 8(1).

Arifin, M., & Nst, M. B. K. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PENDUDUK DESA JANJI KECAMATAN BILAH BARAT KABUPATEN LABUHANBATU BERBASIS WEB Oleh?: 1(1), 1–5.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Ferliyansah, D., Sujaini, H., & Nyoto, R. D. (2016). SISTEM INFORMASI LABORATORIUM KIMIA FARMASI DAN BIOLOGI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), 1–5.

Kuncoro, A. P., Kusuma, B. A., & Purnomo, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Pengelolaan Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium Fikes UMP. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 24. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.396

Saifuddin, & Handoko. (2016). PEMANFAATAN DATABASE MYSQL UNTUK PROSES KOMPUTERISASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN ALAT LABORATORIUM DI SMK SMK BINAWIYATA SRAGEN. Jurnal IT CIDA, 2(1), 67–73.

Sanjaya, R. (2015). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN POLA MODEL-VIEW-CONTROLLER (MVC). Jurnal Informatika, II(1), 305–331. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/viewFile/87/61

Taufiq, R., Kusniati, N. R., & Supriyono. (2019). Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika. Sitech, Vol. 5(1), Hal. 98-106.