PERANCANGAN APLIKASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL DI KLINIK PRATAMA AMANAH BANDUNG

Main Article Content

WARMAN HERMAWAN
Maxsi Ary

Abstract

Klinik Pratama Amanah Bandung merupakan salah satu institusi pelayanan kesehatan umum yang di kelola secara perorangan dimana memerlukan manajemen persediaan obat yang baik sehingga dapat mengelola persediaan obat secara tepat. Pengelolaan data obat yang kurang akurat akan sangat mempengaruhi terhadap kinerja klinik pratama amanah bandung. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi persediaan obat berbasis web yang dapat mengelola data persediaan obat. sehingga meminimalisir terjadinya human’s error, dan menghasilkan laporan yang lebih baik dengan waktu yang singkat. Perancangan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall, waterfall dipilih karena memiliki gambaran pendekatan secara sistematis dan juga secara berurutan (step by step) pada sebuah perancangan perangkat lunak. Aplikasi ini di rancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pengolahan database. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi persediaan obat yang dapat mengelola data persediaan obat secara terkomputerisasi dan dapat menyajikan laporan-laporan obat secara cepat dan akurat.

Article Details

Section
Articles

References

Agus, Ristono., 2009. Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika Bandung.

Bekti, Bintu Humaira., 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan Jquery. Yogyakarta: ANDI

Gomaa, H., 2011. Software Modeling and Design: UML, Use Cases, Patterns, and Software Architectures. s.l.:Cambridge University Press.

Harjono., 2009. Mendayagunakan Internet. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Novitasari, Dita., Andreas, A., Jimi, A., Maghrifa., (2020). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Wates Kabupaten Pringsewu Berbasis Android. J URNAL ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI VOL. 1, No. 1, Mei 2020

Sofiyan, Y. Y., Agreindra Helmiawan, M., & Herdiana, D. (2018). Pegas Elastis Berbasis Sig Pada Jenjang Sma/Smk Kabupaten Sumedang. Jurnal Interkom, 13(2), 39–44. http://maps.google.com.

Suaryana., Alannita, Ni Putu., (2014). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):33-45 33