SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING DAN SMS GATEWAY

Main Article Content

Toni Arifin
Farid Iqmal Hakim

Abstract

Kualitas kesehatan adalah hal yang penting bagi kehidupan masyarakat. Posyandu adalah salah satu program pemerintah RI yang dalam pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat atau kader. Dalam pelaksanaannya, kader posyandu seringkali mengalami kesulitan dalam pengelolaan data kegiatan posyandu yang selama ini mereka kelola secara manual ke buku fisik yang rentan akan kerusakan ataupun kehilangan. Tentunya hal tersebut mempengaruhi terhadap kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu, para kader posyandu perlu mengganti metode pengelolaan data yang awalnya bersifat manual ke komputerisasi menggunakan sistem informasi, dengan tujuan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan data, serta dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai kesehatan ibu dan anak dan informasi mengenai jadwal posyandu melalui pesan singkat (SMS Gateway). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode extreme programming untuk pengembangan sistem informasi. Metode penelitian Extreme Programming adalah salah satu metode yang dalam pelaksanannya terbilang efektif. Hasil dari penelitian sistem informasi posyandu ini adalah dapat mempermudah kader dalam mengelola data posyandu dan dapat mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang data kesehatan ibu dan anak ataupun tentang jadwal posyandu sekalipun.

Article Details

Section
Articles

References

Andika, D. (2018). Apa Itu Extreme Progamming? IT-JURNAL. https://www.it-jurnal.com/apa-itu-extreme-programming/

Deharja, A., & Permatasari, V. (2017). IMPLEMENTASI SMS GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN di POSYANDU CATLEYA 14 JEMBER. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(3), 168–171. https://doi.org/10.25047/jii.v16i3.306

Egeten, A. E. J., Damanik, S. A., Agustina, I., & Panggabean, M. (2019). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web Pada Yayasan Kalyanamitra Di Jakarta Timur Untuk Mendukung Program Bidang Pendampingan Komunitas. MATRIK?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 330–338. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.408

Indrayani, N., Wantini, N. A., & Sulistyawati, A. K. (2019). Tingkat Kepuasan Ibu Balita Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Posyandu. 1, 193–198.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Kementrian Kesehatan RI.

Setiaji, D. (2018). Implementasi Agile Extreme Programming Dalam Perancangan Sistem Seleksi Siswa Baru Berbasis Intranet.

Sholihah, N., & Kusumadewi, S. (2015). Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak. Prosiding SNATIF, 2(1), 207–214.

Suryantara, I. G. N. (2017). Merancang Aplikasi Dengan Metodologi Extreme Programmings.

Wahana, K. (2014). Mudah Membuat Aplikasi SMS Gateway Dengan CodeIgniter. PT Elex Media Komputindo.