Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Stok Barang (Inventory) Pada Say Bread Wilayah Kota Bandung)

Main Article Content

Ganjar Okta Mahendra
Asti Herliana

Abstract

Persediaan barang dalam suatu perusahaan merupakan aset perusahaan yang diharapkan dapat menghasilkan keuntungan maksimal dalam proses penjualannya. Agar penjualan berjalan sesuai harapan, informasi seperti sisa barang, pembelian barang dan data  pengeluaran harus dapat diperoleh dengan efektif dan efisien setiap saat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk melakukan proses pengambilan keputusan yang sangat menentukan kecepatan perkembangan perusahaan. Pada toko Saybread permasalahan yang diangkat pada penelitian kali ini yaitu dalam proses penebaran barang karena masih dilakukan secara konvensional sehingga berdampak pada keterlambatan penyampaian data informasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diusulkan sebuah perancangan sistem informasi  berbasis web untuk pembuatan program stok barang. Dengan adanya program ini akan mempermudah proses pancarian dan update suatu item menjadi informasi yang lebih akurat dan tepat waktu seperti yang diharapkan oleh toko Saybread atau user. Dalam penelitian ini diuraikan hal-hal yang menjadi faktor dalam pembuatan program dan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Hasil dari perancangan ini adalah implementasi program aplikasi berbasis web stok barang yang digunakan untuk mempermudah sistem kerja toko SayBread.

Article Details

Section
Articles

References

Andalia, F., Budi Setiawan, E., Raya Lubuk Begalung, J., Kunci, K., Informasi, S., Kerja, P., & Sosial dan Tenaga Kerja, D. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Padang. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 93(2), 2089–9033.

Hilari Larasati & Siti Masripah. (2017). Analisa dan perancangan sistem informasi pembelian grc dengan metode waterfall.

Nugroho, E. (2016). PELAKSANAAN PENGAWASAN PROSEDUR PURCHASE ORDER ( PO ) PADA PT SHOWA INDONESIA DI BEKASI, 5(2).

Poetri Lestari LokapitasariBelluano. (2018). Pengembangan single page aplication pada sistem Informasi academik.

Ruli Supriati & Astri Wulansari. (2019). Aplikasi Sistem Pendataan Barang Habis Pakai guna meningkatkan kualitas stok barang pada PT. Angkasa Pura II Tangerang.

Taufiq Iqbal, Daniel Apriezal, & Muhammad Wali. (2017). Aplikasi manajemen persediaan barang berbasis economic order quantity (EOQ).