PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN BERBAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Main Article Content

Drajat Darmawan
Asti Herliana

Abstract

  Anak usia dini berkisar umur 0 – 10 tahun berada dalam masa Golden Periode (Periode Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. Oleh karena itu proses perkembangannya harus dimaksimalkan terutama pada pengenalan nama-nama hewan dalam bahasa inggris. Perkembangan media pembelajaran saat ini sangat beragam mulai dari metode tatap muka maupun melalui media daring. Namun metode tatap muka yang sering dijumpai disekolah dinilai kurang efektif dan menarik bagi siswa. Hal ini dapat menyebabkan turunnya mutu belajar dan nilai disekolah. Oleh karena itu perlu adanya sebuah media yang mampu membuat siswa tertarik dan ingin belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diusulkan sebuah game edukasi dengan harapan mampu meningkatkan mutu belajar dan nilai khususnya mata pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari game edukasi pengenalan hewan berbahasa inggris untuk anak-anak umur 0-10 tahun atau setara maksimal kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development atau sering disebut metode pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi pengenalan nama hewan menggunakan bahasa inggris yang telah layak untuk diuji cobakan pada anak-anak yang diharapkan dapat meningkatkan mutu belajar dan nilai khususnya mata pelajaran bahasa inggris

Article Details

Section
Articles

References

Muhibbudin. (2013). PENERAPAN PETA KONSEP SEBAGAI BENTUK ASESMEN FORMATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN. Jurnal Biologi Edukasi Vol.5 No.2, 85-91.

Purnanindya, R., & Munir, M. (2013). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS 3 SD NEGERI PUJOKUSUMAN 2 YOGYAKARTA. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id: https://eprints.uny.ac.id/10185/

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016, Maret). GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1, 1(1), 46-58.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sujalwo, & Sukirman. (2017). PENGEMBANGAN GAME BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU KELAS VIII SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 239-247.

Ulah, S. A., Muslimin, M., & Rozi, S. (2020, January). PENGARUH GAME ONLINE DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA. 1st International Conference on Morality (InCoMora) (pp. 36-43). Mojokerto: Islamic University of Majapahit.

Vanagosi, K. D. (2016, Juni). KONSEP GERAK DASAR UNTUK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1, 72-79.