METODE SAW PEMILIHAN PRODUK PESTISIDA MENGGUNAKAN ANDROID PADA CV MITRA ARTHA SEJATI

Main Article Content

Alfian Rafandy
Asti Herliana

Abstract

Penggunaan pestisida banyak dilakukan oleh petani dan pembudidaya tanaman dalam mengendalikan pengganggu tanaman. Terdapat hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli pestisida dan para pembeli biasanya akan menanyakan keluhan mereka kepada toko penjual pestisida. Toko mitra CV Mitra Artha Sejati dihadapkan dengan kurangnya pengetahuan mengenai keluhan konsumen agar dapat membeli pestisida yang tepat, dan tidak adanya alat bantu bagi karyawan toko mitra dalam menentukan jenis pestisida yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam sebuah penelitian dibutuhkan alur metodologi penelitian yang tepat, dan pada proses pengembangan aplikasi pemilihan produk pestisida kali ini digunakan metode Simple Additive Weighting, dengan metodologi perencanaan, pengumpulan data, pengembangan sistem, dan penerapan sistem. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, metode Simple Additive Weighting memudahkan para karyawan mitra dan para petani dalam mempertimbangkan pembelian dan cara penggunaan yang tepat dari produk pestisida. Selain itu, Sistem Penunjang Keputusan berbasis Android telah melengkapi kebutuhan toko mitra CV Mitra Artha Sejati dalam memberikan pelayanan kepada para konsumennya.

Article Details

Section
Articles

References

Angrawati, D., Yamin, M., & Ransi, N. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Beras Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW). SemanTIK, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.3387-15.2016

Arivin, I., Ahsan, M., & Budianto, A. E. (2020). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Sebagai Sistem Rekomendasi Pemilihan Tanaman Pangan Yang Layak Di Kabupaten Malang. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 79–87.

Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33–45.

Mustofa, A. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE SAW MENENTUKAN DOSIS PEMUPUKAN PADA TANAMAN KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN (POC) NASA. Jurnal Intra-Tech, 1. https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/11/12

Pratiwi, H. (2019). Buku Ajar: Sistem Pakar. Goresan Pena.

Ramadhan, M. H. (2017). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Menentukan Bibit Tanaman Buncis Yang Layak Dibudidayakan. Seminar Nasional Informatika (SNIf), 1(1), 563–569.

Wibowo. (2017). Panduan Praktis Penggunaan Pupuk dan Pestisida.

Sukandarrumidi. (2018). Geotoksikologi: Usaha Menjaga Keracunan Akibat Bencana Geologi. UGM PRESS, 2018.