PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KLINIK PRATAMA MITRAMEDIK ARCAMANIK BERBASIS WEB

Main Article Content

Insan Aghnia Almy
Asti Herliana

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang kesehatan suatu negara merupakan bagian penting yang dapat mempengaruhi tingkat efektivitas dan efisiensi keadministrasian hingga komunikasi. Upaya pemerintah dalam meningkatkan keberhasilan pembangunan bidang kesehatan dalam PERMENKES Strategi E-Kesehatan Nasional, adalah dengan menerapkan e-health atau e-kesehatan diantaranya pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh atau disebut tele-health. Sistem informasi kesehatan sebagai tulang punggung pendukung untuk meningkatkan manajemen pelayanan kesehatan adalah sasaran utama penerapan e-health. Hal tersebut membutuhkan kerjasama antara seluruh elemen terkait, seperti salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yaitu  klinik.  Klinik mitramedik arcamanik adalah salah satu instansi yang membutuhkan penerapan e-health karena adanya permasalahan pada sistem administrasi yang ada. Pendaftaran mengharuskan pasien datang ke klinik, pengelolaan laporan data-data klinik yang masih kurang terintegrasi, serta tidak adanya sistem informasi terkait klinik secara online menyebabkan kurang efektif dan efisiennya pelayanan dan manajemen klinik. Untuk menangani masalah tersebut penerapan ­tele-health­ pada klinik sangat diperlukan. Dengan dibuat nya sistem informasi berbasis web klinik mitramedik arcamanik yang mudah diakses melalui internet dan smartphone, diharapkan dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan. Sistem informasi klinik ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall, pengembangannya menggunakan framework PHP model MVC (Model, View, Controller), dan bootstrap untuk merancang desain user interface.

Article Details

Section
Articles

References

Maryati, A. S., Sari, S. K., & Kurniawan, A. P. (2015). SISTEM INFORMASI KLINIK BHAKTI SEHAT BERBASIS WEB -Studi Kasus?: Klinik Bhakti Sehat - Cimahi. 1(3), 1921–1926.

Strategi E-Kesehatan Nasional, (2017).

Nurhadi. (2017). Pondasi Dasar Pemrograman Website. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Roger S. Pressman, P. . (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (1st ed.). ANDI PUBLISHER.

Sanjaya, R., Herliana, A., Rahayu, Y. S., & Suhartini, T. (2018). Sistem Informasi Manajemen Bisnis dan Keuangan UMKM Menggunakan Model MVC Pada Framework Laravel. 1(3), 477–485.

Soemitro, D. D. (2016). Tantangan E-Kesehatan Di Indonesia. Semester I(2088-270X).

Soemitro, D. D., Sanjaya, dr. G. Y., Sibuea, F., Roswiani, A., & Maman. (2016). Tantangan E-Kesehatan Di Indonesia. Semester I(2088-270X).