Perancangan Mikrokontroller Alat Pemotong Rumput Berbasis Android

Main Article Content

Astri Rahma Agung Ayu Putri
Asti Herliana

Abstract

Mesin pemotong rumput merupakan alat bantu yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini terbukti dengan tingginya jumlah penjualan mesin pemotong rumput pada marketplace. Namun pemotong rumput yang  saat ini ada di masyarakat pengerjaannya masih dilakukan secara manual dan dinilai kurang efektif sehingga dapat menimbulkan resiko kecelakaan pada saat mengoprasikannya. Dengan tingginya tingkat resiko dan kendala yang dialami oleh operator, pada penelitian kali ini dirancang sebuah mikrokontroller mesin pemotong rumput dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan adanya perancangan mikrokontroller mesin pemotong rumput ini dapat membantu masyarakat dalam memotong rumput sehingga lebih efektif dan efisien, karena menggunakan tenaga surya sebagai sumber energinya. Mikrokontroller yang dirancang pada penelitian kali ini menggunakan Node Mcu Esp32 serta dapat dikendalikan melalui aplikasi pada smartphone , yang dihubungkan ke wifi modul robot sehingga dapat dikendalikan melalui jarak jauh. Perancangan pengendalian jarak jauh ini dirancang untuk menghindari human eror. Sehingga lebih kecil kemungkinan untuk menimbulkan resiko kecelakaan pada saat pengoprasiannya. Hasil pengujian sistem yang diperoleh pada penelitian kali ini menunjukan robot dapat bergerak sesuai perintah yang dikirimkan usermelalui smartphone  seperti belok kanan, kiri, maju dan mundur. Pada pengujian sensor ultrasonik robot dapat berhenti ketika mendeteksi halangan dan akan berjalan kembali ketika diarahkan kembali.

Article Details

Section
Articles

References

Firdaus, M., Syaryadhi, M., & Rahman, A. (2017). Pengendalian Robot Mobil Otonom Pemotong Rumput Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Karya Ilmiah Teknik Elektro, 2(2), 36–43.

Hutagalung Jhonson Efendi, & Dahriansah. (2019). PERANCANGAN KONTROL ROBOT PEMOTONG RUMPUT RJoCS Perancangan Kontrol Robot Pemotong Rumput Berbasis Android?: 108-115 |. 05(02), 108–115.

Juliadi, & Mustofa, A. (2018). No Title. https://radarbali.jawapos.com/read/2018/04/27/68302/kena-mesin-potong-rumput-kaki-petani-ini-kemungkinan-di-amputasi

Mubarok, A., Sofyan, I., Rismayadi, A. A., & Najiyah, I. (2018). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Informatika, 5(1), 137–144. https://doi.org/10.31311/ji.v5i1.2734

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). No Title. CV. Budi Utama.

Sutisna, S. P., Sutoyo, E., & Pariatiara, D. N. (2020). Rancang bangun pisau rotari robot pemotong rumput. 6(1), 13–17.

Syam, R., & Ohoiwutun, J. (2013). Uji Eksperimen untuk Trajectory Tracking Mesin Pemotong Rumput Tenaga Surya. Snttm Xii, 23–24.

Wijaya, H. (2014). Pemotong rumput elektrik tugas akhir.