Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mengenal Komputer Berbasis Android Studi Pada SDN 01 Tegalgede

Main Article Content

Robby Andry
Phitsa Mauliana

Abstract

Buku merupakan media pembelajaran yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Namun, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan media buku tidak optimal diterima oleh siswa. Selain itu waktu lamanya proses belajar mengajar juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan kebutuhan siswa yang mudah diakses dan dapat mendukung proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android.Penelitian ini mengunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: Concept, Desain, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Sedangkan untuk perancangan dan pembuatan aplikasi penulis menggunakan Struktur navigasi,Usecase diagram dan Storyboard yang kemudian diimplementasikan dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil perancangannya adalah Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mengenal Komputer berbasis Android. Aplikasi ini diharapkan mempermudah siswa dalam belajar pengenalan komputer. Tidak hanya disekolah saja, dengan aplikasi Android siswa bisa belajar dimana saja.

Article Details

Section
Articles

References

Asniati, Wa Ode Halmia Pasrahmaya, and Siti Fatimah. 2016. “Aplikasi Edukasi Interaktif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” 5(1): 1–4.

Hanafri, Muhammad Iqbal, Muchamad Iqbal, and Aditya Budi Prasetyo. 2019. “Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android.” Jurnal Sisfotek Global 9(1): 87–92.

Nurdiana, Dian, and Andri Suryadi. 2017. “PERANCANGAN GAME BUDAYAKU INDONESIAKU MENGGUNAKAN METODE MDLC.” 3(September): 39–44.

Saurina, Nia. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality.” Jurnal IPTEK 20(1): 95.

Shobary, Mayya, Dwiza Riana, and Rangga Sanjaya. 2014. “Pencampuran Tiga Warna Primer Dan Pengenalan Bentuk Geometri Pada Paud Al-Muslimun.” Jurnal Informatika I(2): 165–73.