Aplikasi Penentuan Kelayakan Penerima Bantuan PMKS Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Main Article Content

Shela Monica
Phitsa Mauliana

Abstract

Proses penentuan penerima bantuan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kelurahan Pasirjati masih menggunakan sistem manual dan dirasa masih kurang efektif dan efisien menyebabkan pembuatan laporan menjadi lambat serta kurang akurat. Data-data bantuan penyandang masalah kesejahteraan sosial di kelurahan pasirjati menjadi tidak aman serta rawan akan tindakan manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak memiliki kewenangan karena belum adanya sistem keamanan. Oleh karena itu, penulis membangun sebuah aplikasi pendukung keputusan untuk mengelola proses penentuan bantuan pmks berbasis web dengan menggunakan metode simple additive weighting. Aplikasi ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan. Metode Simple Additive Weighting adalah salah satu metode pengambilan keputusan dengan menentukan nilai bobot pada setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari beberapa alternative. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah kepala seksi kesejahteraan sosial dalam proses pengambilan keputusan serta segi kearsipan lebih aman, hasil perhitungan pun dapat dilihat langsung.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah dkk. (2019). Aplikasi sistem pendukung keputusan analisa kelayakan perpanjangan kontrak, 2(2), 73–76.

Ariyanto, J. T., & Utami, A. W. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Menggunakan Metode Weighted Product Studi Kasus Di IPSM Kelurahan Kertajaya Kota Surabaya, 107–116.

Liesdiana, S. F., & Mauliana, P. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kontrak Kerja Agent Call Center Menggunakan Metode Saw, 4(1), 76–81.

Mauliana dkk. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weight Product, 3(2), 85–94.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Beriorientasi Objek dengan UML. Bandung : Informatika.

Nofriansyah, Dicky. (2015). Konsep Data Mining Versus Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : Deepublish (CV Budi Utama).

Permensos. (2019). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyaluran Belanja Bantuan Sosial.

Sukerti, N. K. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Penerima Bantuan Desa Di Kecamatan Klungkung Dengan Metode SAW, 14(1), 84–93.

Sundari dkk. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer ( Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa ), (x).