Media Pembelajaran Pengenalan Dan Pengelompokkan Hewan Berbasis Multimedia Interaktif Studi Pada SDN 01 Tegalgede

Main Article Content

Rudi Rustandi
Phitsa Mauliana

Abstract

Model pembelajaran yang inovatif seperti sistem pembelajaran berbasis multimedia sangat berperan untuk peningkatan mutu pembelajaran anak-anak. Sesuai dengan kebutuhan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media pembelajaran mengenal pengelompokan hewan untuk siswa di sekolah dasar yang interkatif juga tampilan yang bisa menarik siswa sehingga mampu meningkatkan semangat belajar dan pemahaman siswa. Menyediakan media pembelajaran tentang pengenalan pengelompokan hewan dengan animasi dan karakter kartun hewan, sehingga memudahkan anak dalam belajar ilmu pengetahuan alam khusus nya di pengenalan pengelompokan hewan. Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia menurut Luther dan Sutopo. Metode multimedia Luther Sutopo ini terdiri dari beberapa tahapan, Tahap yang pertama yaitu concept, tahap concept yaitu tahap yang menentukan tujuan pembelajaran, identifikasi pengguna, konsep aplikasi dan perangkat yang digunakan. Tahap yang kedua yaitu design, tahap design melakukan perancangan scene, storyboard dan struktur navigasi. Tahap ketiga yaitu material collecting, tahap tersebut melakukan pengumpulan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan program. Tahap keempat yaitu assembly, dalam tahap tersebut aplikasi mulai dibuat sesuai perancangan pada tahap kedua dan menggabungkannya dengan bahan yang telah dikumpulkan pada tahap ketiga. Tahap kelima yaitu testing, pada tahap tersebut dilakukan pengujian alpha dan beta yang dilakukan oleh pembuat dan pengguna aplikasi. Tahap keenam yaitu distribution, tahap terakhir aplikasi disimpan ke media penyimpanan. Dibuatnya aplikasi media pembelajaran pengenalan pengelompokan hewan ini dengan semenarik mungkin dengan mengutamakan keunikan visual dengan animasi dan penambahan fitur video. Aplikasi media pembelajaran pengenalan pengelompokan hewan dibuat dengan materi karakter kartun yang belum ada sebelumnya

Article Details

Section
Articles

References

Martha Rusmana, Indra, and Mila Kurniawarsih. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya.” Lebesgue 1(1): 39–48.

Rahman, Ridwan Arif, and Dewi Tresnawati. 2016. “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.” Jurnal Algoritma 13(1): 184–90.

Rasyid, Isran. “MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.” : 91–96.

Rezeki, Sri, and Ishafit Ishafit. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI Pada Pokok Bahasan Momentum.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3(1): 29.

Rohani. 2019. “Diktat Media Pembelajaran.” : 95.

Walhidayat, Walhidayat, Yuhelmi Yuhelmi, and Mariza Devega. 2019. “Perancangan Animasi Robot 3D Sebagai Sarana Promosi.” Jurnal Teknologi Informasi Mura 11(02): 103–11.

Zaini, Bachren, and Mushlihah Purwo Saputri. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di PAUD SAHABAT.” PINTER?: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 1(2): 90–100.