Sistem Informasi Partnership Program Kendaraan Pariwisata Berbasis Web Di PT. Titian Insan Semesta

Main Article Content

Siswo Puspito
Phitsa Mauliana

Abstract

Kendaraan bus wisata digunakan untuk keperluan rombongan besar dengan rute perjalanan yang fleksibel. Sedangkan bisnis agen bus pariwisata merupakan salah satu usaha yang mengoperasikan kendaraan dengan kriteria sewa angkutan darat. PT Titian Insan Semesta atau JMB Holiday adalah perusahaan transportasi yang menyediakan jasa angkutan bus pariwisata. Kegiatan usaha pada bidang tersebut masih terkendala oleh pihak mitra agen perjalanan yang kesulitan ketika ingin meminjam bus yang kosong atau tidak beroperasional dari mitra lainnya. Selain itu, bagian administrasi pun membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menelusuri data transaksi yang sudah dilakukan oleh para mitranya, sehingga berpengaruh terhadap pembagian hasil transaksi. Oleh karena itu, tujuan pada penelitian ini untuk mengkaji lebih dalam mengenai pembangunan sistem informasi partnership program berbasis web di PT Titian Insan Semesta. Penelitian ini menghasilkan kemudahan bagi setiap mitra dari agen perjalanan dalam melakukan transaksi pinjam-meminjam bus pariwisata. Kemudian disediakan fitur rincian data kendaraan yang diinput oleh setiap mitra agen perjalanan, sehingga alur pendataannya membantu pekerjaan bagian administrasi. Sistem informasi partnership program ini berhasil dibangun menggunakan pemrograman web sebagai sarana profesional dalam mengelola mitra agen perjalanan wisata maupun mencari partner baru di PT Titian Insan Semesta.

Article Details

Section
Articles

References

Curtis, C. (2016). Planning for Public Transport Accessibility. In Planning for Public Transport Accessibility. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315600758

Fitria, F., & Niasa, Y. (2017). Sistem Informasi Penyewaan Bus Online Berbasis Web. Sistem Informasi Penyewaan Bus Online Berbasis Web Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Kuala, 03(02), 19–24.

Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33–45.

Judisseno, R. K. (2017). Aktivitas dan Kompleksitas Kepariwisataan. Gramedia Pustaka Utama.

Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 3(2), 85–94.

Mirawati, M., Hikmah, A. B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(2).

Mulyono, D. (2016). Panduan Brevet Pajak: Akuntansi Pajak dan Ketentuan Umum Perpajakan.

Riskiono, S. D., & Reginal, U. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour). Informasi Dan Komputer, 06(02), 51–62.

Robinson, P., Lück, M., & Smith, S. (2020). Tourism, 2nd Edition. CABI.

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.

Wiguna, W., Mauliana, P., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 2(1), 19–29.