Sistem Pakar Diagnosis Gangguan Kepribadian Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web

Main Article Content

Arif Setya Permana
Phitsa Mauliana

Abstract

Gangguan kepribadian merupakan suatu ciri kepribadian yang tidak sehat dan berbeda dari orang normal pada umumnya. Gangguan kepribadian merupakan suatu gangguan psikologis yang berhubungan dengan adanya gangguan mental. Gangguan kepribadian memiliki 4 jenis gangguan yaitu, Gangguan Kepribadian Skizotipal, Gangguan Kepribadian Skizoid, Gangguan Kepribadian Paranoid, Gangguan Kepribadian Ambang (Borderline). Perlu dibuatnya sebuah sistem pakar berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan diagnosis gangguan kepribadian. Pembuatan sistem pakar bertujuan untuk membantu pengguna dalam melakukan diagnosis gangguan kepribadian dengan efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah metode certainty factor. Aplikasi sistem pakar ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman php, Visual Studio Code sebagai perangkat lunak untuk pengkodean, dan SQL digunakan sebagai basis data. Dari penelitian, aplikasi sistem pakar sudah dapat melakukan diagnosis gangguan kepribadian berdasarkan data yang diperoleh dari pakar. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan bahwa sistem sudah dapat berjalan 100% sesuai dengan fungsinya. Sedangkan hasil pengujian oleh pakar menunjukkan bahwa hasil diagnosis oleh sistem berdasarkan gejala yang dipilih dapat menampilkan gangguan yang sesuai 100%.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, K. S. (2012). Pemulihan psikososial berbasis komunitas refleksi untuk konteks Indonesia.

Oktavia, T. N., Satyareni, D. H., & Jannah, E. N. (2015). Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan Kepribadian Histerik Menggunakan Metode Certainty Factor. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 1(1), 15. https://doi.org/10.26594/register.v1i1.402

Pujianto, A., Dessetiadi, I. T., & Ardi, M. G. (2016). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mental Pada Anak Menggunakan Algoritma Bayes. 6–7.

Rahmi Ras, F., Nelly Astuti, H., & Efori, B. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining. Media Informatika Budidarma, 1(1), 13–16.

Wibisono, D. (2003). Riset Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Yurindra. (2017). Software Engineering. CV Budi Utama.