Perancangan Game Aspheroll Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC)
Main Article Content
Abstract
Kemajuan zaman terkadang dapat menimbulkan suatu keadaan yang mempengaruhi seseorang, baik karena tuntutan pekerjaan maupun karena tugas sekolah yang melimpah. Kebanyakan remaja maupun orang dewasa sekarang sulit untuk memanajemen waktu, kebanyakan malah merasa tertekan karena padatnya aktifitas. Situasi seperti ini dapat menyebabkan stres atau kebosanan. Memanfaatkan waktu secara efisien bukanlah hal yang mudah, sama halnya dengan kemampuan memecahkan masalah, untuk itu dibutuhkan media untuk melatihnya, yaitu dengan bantuan media game. Permainan adalah sesuatu yang mempunyai aturan tertentu yang dimainkan sedemikian rupa sehingga hasil akhirnya adalah menang atau kalah. Tujuan permainan pada umumnya adalah hiburan. Aspheroll merupakan game yang dapat melatih pemain untuk memanfaatkan kesempatan, waktu, menyelesaikan masalah yang ada, dapat menjadi hiburan di kala senggang dan menghilangkan stress. Penulis menggunakan metode GameDevelopment Life Cycle (GDLC) untuk mengembangkan game Aspheroll, yaitu sebuah pengembangan menggunakan metode ini memiliki enam tahap pengembangan yang lebih mengutamankan aspek interaktif. Pengujian Alpha menggunakan Black boxmendapat hasil yang valid dan pengujian Beta dengan hasil 68.3% sangat puas sehingga game Aspherol sudah layak di release pada platform itch.io.
Article Details
References
Enstein, J., Citra, U., Vera, B., Bulu, R., Roswita, B., & Nahak, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 02.
Anshori, I. F. (2022). PERANCANGAN GAME “LAST NIGHT” MENGGUNAKAN UNITY 3D. JURNAL RESPONSIF, 4(2), 168–172. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti
Musofi, Suarna, N., & Rinaldi Dikananda, A. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEBAK SURAH PENDEK UNTUK MENGASAH DAYA PIKIR SISWA MENGGUNAKAN METODE RESEARCH AND DEVELOPMENT. Jurnal Informasi Dan Komputer, 10(2), 252–256.
Saputra, A. A., Putra, F. N., & Darma Rusdian Yusron, R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android. JACIS: Journal Automation Computer Information System, 2(1), 66–73.
Adam, M., & Anshori, F. (2023). Perancangan Game Puzzle Platformer Ploop Menggunakan Model Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 6(1).
Aini, A. D. N., Rizki Sulaiman, M., & Purnama Putra, S. (2021). Perancangan Aplikasi Mobile Game Edukasi Taman Belajar Sebagai Media Pembelajaran Edukatif Anak. Jurnal Dinamika Informatika, 10(2).
Ariyana, R. Y., Susanti, E., Rizqy Ath-Thaariq, M., & Apriadi, R. (2022). Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(6), 796–807. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i6.1129.
Chen, Y. (2021). Implementation of Marine Fire Fighting VR Platform Based on Probuilder Modular. Journal of Physics: Conference Series, 1992(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1992/4/042073
Delifio Martha, M. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI CONTROL GLUE DENGAN C# PADA PT SAT NUSAPERSADA.Tbk. JURNAL COMASIE, 07(04).
Fikriansyah, M., Wiriasto, G. W., & Rachman, A. S. (2023). Rancang Bangun Prilaku Buatan pada Non-Player Character dalam Game Pemadam Kebakaran menggunakan Finite State Machine dan Godot Script. Jurnal Dielektrika – Department of Electrical Engineering University of Mataram, 10(1), 1–13.