Rancang Bangun Aplikasi Sistem Kasir Berbasis Website Pada Restoran Bakso ATM Cipasir Menggunakan Framework Laravel

Main Article Content

Topan Barkah Hamdani
Sari Susanti

Abstract

Penelitian ini membahas rancang bangun aplikasi sistem kasir berbasis website untuk Restoran Bakso ATM Cipasir, karena terdapat beberapa permasalahan seperti restoran tidak memiliki sarana informasi yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan makanan dan minuman secara langsung, sehingga pelanggan harus menunggu dalam antrean saat memesan. Selain itu tidak memiliki sistem pendukung pada kasir mengakibatkan proses pembayaran pada setiap pesanan menu makanan dan minuman pelanggan menjadi berlangsung lebih lambat, dengan adanya permasalahan tersebut peneliti menyelesaikan permasmembuat website  ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi proses kasir dan manajemen pesanan. Fitur-fitur seperti input pesanan, pemrosesan pembayaran, dan laporan dari penjualan atas pesanan dari pelanggan selama perbulan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC waterfall dengan menerapkan frameworkLaravel. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dapat memberikan solusi yang efektif bagi Restoran Bakso ATM Cipasir dalam mengoptimalkan proses bisnisnya.

Article Details

Section
Articles

References

Helndra, “Helndra, Dimaz. (2019, Oktobelr 20). QR Codel OVO Dipelrlulas Hingga kel UlMKM Bandulng. Reltrielveld from https://swa.co.id/swa/trelnds/qr-codel- ovodipelrlulas-hingga-kel-ulkm-bandulng,” Helndra.

jabarprov.go.id, “Jabarprov.go.id. (2018, Selptelmbelr 21). Reltrielveld from Platform Digital Dulkulng Ulsaha Kelcil Melnelngah di Bandulng ulntulk Go Digital: https://jabarprov.go.id/indelx.php/nelws/299 93/2018/09/21/Platform-DigitalDulkulng- Ulsaha-Kelcil-Melnelngah-di-Bandulng-ulntulk- Go-Digital,” jabarprov.go.id.

R. Yulniarti, I. H. Santi, and W. D. Pulspitasari, “PElRANCANGAN APLIKASI POINT OF SALEl UlNTUlK MANAJElMElN PElMElSANAN BAHAN PANGAN BElRBASIS FRAMElWORK LARAVElL,” 2022.

“Hidayat, Felizal,” 2022

A. Multhohari, S. Rahayul, and J. Algoritma Selkolah Tinggi Telknologi Garult Jl Mayor Syamsul No, “PElNGElMBANGAN APLIKASI KASIR PADA SISTElM INFORMASI RUlMAH MAKAN PADANG ARIUlNG,” 2016. [Onlinel]. Availablel: http://julrnal.sttgarult.ac.id

Aguls P & Yullia S, “592-1277-1-PB,” Aguls P & Yullia S, 2015.

D. Naista, “Naista, D. (2017). Codelignitelr Vs Laravell. Yogyakarta: CV. Lokomeldia.,” 2017.

R. Yanto, “Manajelmeln Basis Data Melnggulnakan MySQL. Delelpulblish.,” Manajelmeln Basis Data Melnggulnakan MySQL. Delelpulblish., 2016.

M. Tabrani and I. R. Aghniya, “Implelmelntasi Meltodel Watelrfall Pada Program Simpan Pinjam Kopelrasi Sulbulr Jaya Mandiri Sulbang,” Julrnal Intelrkom: Julrnal Pulblikasi Ilmiah Bidang Telknologi Informasi dan Komulnikasi, vol. 14, no. 1, pp. 44–53, Apr. 2019, doi: 10.35969/intelrkom.v14i1.46.

Prelssman, “R. Prelssman, Relkayasa Pelrangkat Lulnak: Pelndelkatan Praktisi (Bulkul Keldula), Yogyakarta: Andi Offselt, 2002.,” 2002.