Sistem Informasi Penjualan Pre Order di Wanoja Berbasis Website

Main Article Content

Rohman Hendi Wibowo
Ifani Hariyanti

Abstract

Teknologi adalah pengembangan perangkat dan perangkat lunak berdasarkan pengetahuan dari waktu ke waktu dan berdasarkan kebutuhan pengguna saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, kami melakukan segala sesuatunya dengan tangan. Hot order berperan sebagai pengontrol persediaan sehingga dapat mengendalikan persediaan perusahaan. Sedangkan pre-order merupakan tata cara pembelian barang  yang transaksinya dilakukan oleh penjual. Pre-order biasanya mensyaratkan produk yang ingin dipesan dan dibayar terlebih dahulu oleh pembeli. Wanoja merupakan salah satu perusahaan UMKM di industri fashion Islami. Sistem yang ada saat ini masih menggunakan sistem manual. Sistem antara penjual dan pembeli baru diterapkan menggunakan aplikasi WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi pre-order online di Wanojas. Bentuk pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah air terjun (waterfall) yang mempunyai tahapan analisis, perancangan, pengkodean dan pengujian. Hasil penelitian kali ini berupa sistem informasi yang memudahkan pengelolaan arsip persuratan, sesuai dengan kebutuhan perangkat persuratan. Sistem ini juga membantu dalam koordinasi antara pengelola dan konsumen. Penyusunan laporan skripsi ini dapat menjadi pedoman bagi mahasiswa lain atau peneliti selanjutnya yang sedang membuat  sistem informasi arsip surat terpadu. Hal ini kemudian menawarkan keuntungan untuk menambah body penelitian di Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya.

Article Details

Section
Articles

References

R. K. Chandra and M. I. Wahyuddin, “Sistem Informasi Penjualan Ayam Asap Pada iSmoked Berbasis Web Menggunakan Metode RAD,” vol. 6, no. April, pp. 794–801, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3557.

B. Santoso, A. Sobri, L. Sunardi, and B. Santoso, “KEPADA SATPOLPP KOTA LUBUKLINGGAU,” vol. 7, no. 1, pp. 68–78, 2022.

W. Lestari, F. Rafdhi, S. Informasi, T. Informatika, and M. A. Surat, “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ),” vol. 1, no. 2, pp. 50–56, 2020.

R. Abdulloh, “7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula,” 2018.

W. Prabowo and E. Komara, “Manajemen Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada SMA Pendawa Pebayuran Berbasis Website,” vol. 1, no. 1, pp. 23–30, 2021.

D. S. Perbawa and G. S. Nurohim, “Pengujian Aplikasi Berbasis Website Dengan Black Box Testing Metode Boundary Value Analysis Dan Responsive Testing,” vol. 12, no. 4, pp. 1–5, 2020.

M. Shi, “Software Functional Testing from the Perspective of Business Practice,” vol. 3, no. 4, pp. 49–52, 2010.

A. Mubarok et al., “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, Feb. 2018, doi: 10.31294/JABDIMAS.V1I1.2847.

W. P. Widharta and S. Sugiharto, “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai,” Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2018.

R. Syabania and N. Rosmawani, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.

I. Hariyanti and W. Wiguna, “Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2019, [Online]. Available: https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/63