Aplikasi Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Dengan Construct 2

Main Article Content

Alfred Ibrahim Ariyanto
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Di Masa Pandemi terjadi berbagai perubahan aspek kehidupan, salah satunya kegiatan yang bersifat  tatap muka seperti penyuluhan kesehatan gigi tidak dapat dilakukan dan memaksa untuk dilakukan secara daring. Sejalan dengan itu penggunaan telepon pintar berbasis android menjadi lebih luas  lagi di masyarakat dan bahkan bertambah fungsinya seperti belajar, berbelanja dan bahkan bekerja. Agar kegiatan edukasi kesehatan gigi dapat tetap berjalan, maka saya mengembangkan suatu aplikasi edukasi kesehatan gigi dan mulut yang dibuat secara interaktif dan menarik untuk anak dengan Construct 2 berbasis aplikasi smartphone android (APK) yang mana akan dengan mudah untuk dibagikan secara massal secara daring. Berdasarkan kuesioner yang dilakukan di SDN Kopaja Bandung dapat di simpulkan bahwa Aplikasi ini  mudah dipahami dan dimainkan oleh anak-anak, serta dapat meningkatkan daya tarik anak dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan gigi secara mandiri.

Article Details

Section
Articles

References

Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia. Kementrian Kesehatan Indonesia Tahun 2014. 2014.

A.Jiwandhono, Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Kesehatan Gigi Sejak Dini Berbasis Android, vol. 1, no. 1. 2016.

Permenkes RI, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015 Tentang Upaya Kesehatan Gigi Dan Mulut,” J. Teknosains, vol. 44, no. 8, p. 53, 2015.

“Riskesdas, 2018. Riset kesehatan dasar, Kementrian Kesehatan.,” J. Food Nutr. Res., vol. 2, no. 12, pp. 1029–1036, 2018.

2022 Sussi, “Perancangan dan Implementasi Game Edukasi KesehatanGigi berbasis android menggunakan Unity Engine,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2022.

2022 Rickman.R, “Tutorial game engine.” 2022.

F. Siti and W. Widyandana, “Edukasi kesehatan gigi dan mulut anak melalui game pada guru TK,” Ber. Kedokt. Masy., 2017.

R. Al Amin, “Rancang Bangun Game Bergenre Roguelike Adventure ‘ Tales of Seleine,’” 2021.

Virgantari, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Pada Siswa Kelas Iv Dan V,” Molecules, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

Siti dan Astrid, Belajar Membuat Game 2D dan 3D. 2017.