Perancangan Game Edukasi Pakaian Adat Khas Indonesia Berbasis Android Pada SDN Permata Biru

Main Article Content

Imam Chaerudinsani
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya seperti suku, Bahasa, pakaian adat dan alat musik tradisional. Pakaian adat di Indonesia telah menjadi identitas diri bagi beberapa suku di Indonesia. Bahkan setiap pakaian adat yang ada di memiliki begitu banyak makna yang bermanfaat bagi kehidupan baik dari segi kesopanan maupun persatuan bangsa. Dengan terus berkembangnya teknologi pakaian adat telah banyak ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia terutama di kalangan pemuda. Generasi pemuda sekarang lebih tertarik untuk mempelajari budaya asing dari pada mempelajari budaya bangsanya sendiri. Ini karena masyarakat terutama dikalangan pemuda terlalu banyak menggunakan platform android untuk bermain game atau internet untuk membaca komik. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sekarang belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, khususnya menggunakan platform android. Sekarang edukasi bisa dilakukan melalui media game, yang mana game sendiri cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Game edukasi pakaian adat khas Indonesia merupakan permainan dengan genre edukasi. Game edukasi ini dibuat menggunakan software Unity dan dikembangkan menggunakan metodelogi MDLC. Game ini didesain dengan semenarik mungkin dan telah di uji menggunakan metode Blackbox.

Article Details

Section
Articles

References

R. E. N. Arifah, Sukirman, and Sujalwo, “Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 6, p. 617, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019661310.

A. A. Rismayadi and L. C. Senja, “Perancangan Game First Person Shooter Edukasi Pengenalan Bakteri Dan Virus Berbasis Augmented Reality,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 129–139, 2021.

A. Y. Hendrawan and P. Novitasari, “Pemahaman Rumah Dan Pakaian Adat Indonesia Berbasis Multimedia Pada Anak Sekolah Dasar,” J. Ilm. Kanderang Tingang, vol. 11, no. 2, pp. 353–361, 2020.

J. Naimah, D. S. Winarni, and Y. Widiyawati, “Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 7, no. 2, pp. 91–100, 2020, doi: 10.24815/jpsi.v7i2.14462.

E. S. Mulyana and R. T. Prasetio, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Abjad di TK Pelangi Menggunakan Unity3D,” eProsiding Tek. Inform. …, vol. 3, no. 1, pp. 324–331, 2022.

S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi,” Edutainment, vol. 8, no. 1, pp. 27–38, 2020, doi: 10.35438/e.v8i1.221.

D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.

A. G. Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

I. F. Anshori and M. I. Januar, “Rancang Bangun Guess the Animal Untuk Mengenalkan Hewan Khas Indonesia Berbasis Android,” eProsiding Tek. Inform., vol. 3, no. 1, p. 66, 2021.

I. Rohmawati, Sudargo, and I. Menarianti, “Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara ‘Tanara’ Menggunakan Unity 3D Berbasis Android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2019, doi: 10.24176/sitech.v2i2.3907.