Perancangan Game Edukasi Macth Game Hewan dan Buah Construct 2 di SD Pelita

Main Article Content

Muhammad Jabbar Firdaus
Iedam Fardian Anshori

Abstract

Game edukasi adalah permainan edukatif yang merupakan jenis media yang digunakan untuk memberikan pendidikan dalam bentuk permainan dengan tujuan merangsang pikiran dan meningkatkan konsentrasi dengan cara yang unik dan menarik. Pemahaman ini secara alami menentukan bahwa tujuan dari pelatihan adalah untuk mendukung proses belajar mengajar melalui kegiatan yang lebih menyenangkan dan kreatif..Tujuan dari dibuatnya game Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menunjukkan bahwa permainan tidak hanya untuk hiburan saja, tetapi kita juga dapat belajar melalui permainan, sehingga permainan edukatif tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat anak dalam belajar khususnya dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yg dipakai pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif  atau biasa disebut dengan metode teoritis . Hasil penelitian telah menghasilkan suatu produk berupa game edukasi berupa aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat keras seperti smartphone yang dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan karena memiliki pembelajaran sambil bermain, yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca. Construct 2 merupakan game engine yang dapat membantu pembuatan sebuah game komputer yaitu game 2D. Menurut Permana, Construct 2 merupakan alat pembuatan game berbasis HTML5. Alat Build 2 memungkinkan siapa saja membuat game tanpa pengalaman coding. Construct 2 merupakan aplikasi pembuatan game berbasis HTML5 yang tidak mengharuskan penggunanya memiliki pengetahuan pemrograman khusus 

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

S. Ramadaniati, D. A. Sani, and M. F. Arif, “Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran,” J. Inf. Technol., pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/integer/article/download/1200/1568

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

M. H. Hidayat, I. A. Basuki, and S. Akbar, “Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 6, pp. 810–817, 2018, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

V. Kristiana and D. Nurmala, “Pelatihan Teknik ‘ Word Match Games ” Dalam Pengajaran,” 2019.

M. S. Ulum and J. Pamungkas, “Analisis Kritis Terhadap metode Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid 19,” MUBTADI J. Pendidik. Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 17–35, 2020.

S. A. Pasya and ari saputro, “Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 5, pp. 416–421, 2018, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036

A. Mubarok, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, and Y. Ramdhani, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” J. Abdimas BSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/2847/1851

R. Hanif, A. Basya, I. F. Anshori, P. T. Informaika, U. Adhirajasa, and R. Sanjaya, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Kue Berbasis Android Pada Salwa Cookies,” vol. 2, no. 2, pp. 92–98, 2021.

F. Priyatna and W. Wiguna, “Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat,” eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 218–227, 2020.

P. M. Abdullah, Living in the world that is fit for habitation?: CCI’s ecumenical and religious relationships. 2015.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.

U. Khulsum, Y. Hudiyono, and E. D. Sulistyowati, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma,” DIGLOSIA J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018, doi: 10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12.