Pembuatan Game Android Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Metode MDLC

Main Article Content

Muhammad Faisal Lutfi
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Era teknologi yang maju dan serba mudah sangat membantu kegiatan seseorang sehari-hari. Tak terkecuali anak usia dini yang juga dapat dengan mudah menggunakan gadget nya setiap hari untuk sekedar bermain game ataupun membeli makanan dan minuman. Rendahnya konsumsi sayur dan buah memubuat kebutuhan gizi anak kurang terpenuhi. Itu karena di masa sekarang anak pun lebih tertarik dengan makanan cepat saji. Untuk itulah dibuat game pengenalan makanan sehat 2D berbasis android yang bertujuan untuk menghibur sembari mengenal makanan sehat seperti buah dan sayur, pada game pengenalan makanan sehat ini juga bukan hanya menghibur namun game bergenre arcade ini dapat melatih motorik anak saat memainkan game menangkap buah dan sayuran. Pembuatan aplikasi game ini dibuat dengan game engine unity hub, yang menggunakan metode MLCD. Game pengenalan makanan sehat ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan konsep. Mulai dari spawner yang memunculkan buah dan sayur, menangkap makanan, score, healt, hingga pada level terakhir yang hasil pengujiannya menggunakan metode Blackbox secara keseluruhan adalah valid.

Article Details

Section
Articles

References

H. Saputra Ademula, “Aplikasi Tutorial Memasak Masakan Khas Sumbawa Menggunaskan Augmented Relity Berbasis Android,” JATI..(Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 3, nos. 2, pp. 48–52, 2019, doi: 10.36040/jati.v3i2.858.

R. I. Borman..and..I. Erma, “Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, no. 1, pp. 8–16, 2018, doi: 10.29100/jipi.v3i1.586.

Y. Harlistyarintica and P. Y. Fauziah, “Pola Asuh Autoritatif dan Kebiasaan Makan Anak Prasekolah,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 867–878, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.617.

I. Islaeli, A. Novitasari, and S. Wulandari, “Bermain Vegetable Eating Motivation (Vem) terhadap Perilaku Makan Sayuran pada Anak Prasekolah,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 879–890, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.734.

N. Putri, Ronasari Mahaji; Maemunah, “Peran Pendidikan Kesehatan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak Tentang Pentingnya Sayur; The Role of Education in Improving the Knowledge of Children about the Importance of Vegetables,” J. keperawatan, vol. 8, pp. 54–64, 2017.

A. Mubarok, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, and Y. Ramdhani, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” J. Abdimas BSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/2847/1851

I. Paridawati, M. I. Daulay, and R. Amalia, “Persepsi orang tua terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini di desa indrasakti kecamatan tapung kabupaten kampar,” J. Teach. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 28–34, 2021.

F. Khan and A. A. Rismayadi, “Perancangan Permainan Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya,” Permainan Pembelajaran Mat. Menggunakan Constr. 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya, vol. 01, no. 01, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/236/127

L. Rahmawati and R. Firmansyah, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Wisata Pegunungan Indonesia dengan Unity 3D Berbasis Android,” E-Prosiding Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 133–139, 2022.

R. Jailani and A. Purwanto, “Rancang Bangun Game 2D Dayak Run Bergenre Endles Running Berbasis Android,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 4, no. 2, 2019, doi: 10.25139/inform.v4i2.1787.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.

Devi Silvia Panjaitan, “Pengembangan Media Pembelajaran Statistika Berbasis Multimedia,” JUKI J. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 11–15, 2020, doi: 10.53842/juki.v2i1.24.

Y. Effendi, “Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.

Y. Harrtantio, F. Trisnawati, and T. Elektro, “Rancang Bangun Aplikasi Game Pengenalan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021.