Rancang Bangun Game Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android Dengan Menggunakan Unity 3D

Main Article Content

Fixkran
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Sebagai umat muslim yang patuh dan taat pada ajaran yang telah diturunkan dan pedoman hidup yang telah diberikan serta mengacu pada al-quran dan hadist maka pentinglah untuk menerapkan sejak dini dalam mempelajari huruf hijaiyah, merupakan huruf dasar untuk membaca al-quran, media pembelajaran yang saat ini di pakai dalam proses pembelajaran huruf hijaiyah banyak membuat anak cepat lelah dan bosan, oleh karena itu di perlaukan sebuah cara baru untuk menarik keinginan anak dalam mempelajari huruf hijaiyah, yaitu dengan metode pembelajaran melalui media game,  pendekatan melalui game adalah metode pembelajaran yang  mampu memberikan peningkatan terhadap minat dan pengetahuan anak dalam mempelajari serta menyebutkan huruf hijaiyah sejak dini. Hal itu dapat setiap anak dalam memperlajari huruf hijayah. metode pengumpulan data yang di ambil berupa observasi dan studi litelatur.  Serta  untuk merancang aplikasi menggunakan metode waterfall dan pengujian sistem menggunakan white-box testing, hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game android yang berjudul game pengenalan huruf hijaiyah.

Article Details

Section
Articles

References

S. Supriadi, “Rancangbangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Game Egine Construct 2,” Buffer Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.25134/buffer.v4i1.1136.

Y. M. Arif et al., “Pergantian Senjata NPC pada Game FPS Menggunakan Fuzzy Sugeno,” Pros. Semin. Compet. Advantages, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2012.

A. K. R. Kesuma and T. Widodo, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Huruf HIjaiyah Berbasis Android,” vol. 1, no. 14, pp. 1–9, 2021.

A. Mubarok, R. Sanjaya, R. T. Prasetio, and Y. Ramdhani, “Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung,” J. Abdimas BSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/2847/1851.

R. Bangun, G. Interaktif, P. Huruf, H. Untuk, P. Berbasis, and G. Android, “Rancang bangun game interaktif pembelajaran huruf hijaiyah untuk pemula berbasis game android,” 2019.

L. Ceissar et al., “Perancangan Game First Person Shooter Edukasi Pengenalan Bakteri dan Virus Berbasis Augmented Reality,” vol. 2, no. 2, pp. 129–139, 2021.

F. Khan and A. A. Rismayadi, “Perancangan Permainan Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya,” Permainan Pembelajaran Mat. Menggunakan Constr. 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya, vol. 01, no. 01, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/236/127.

R. A. Harlanto, “Berkenalan dengan Fitur-Fitur Unity 3D,” 2020. https://www.gamelab.id/news/211-berkenalan-dengan-fitur-fitur-unity-3d.

P. Güntürkün, T. Haumann, J. Wieseke, and L. M. Edinger-Schons, “The dynamic effects of customers’ attributions of coproduction motives for customer’s satisfaction over time,” vol. 2, no. 1, pp. 57–63, 2016, [Online]. Available: http://toc.proceedings.com/30523webtoc.pdf.

N. J. Duha et al., “Sistem Pengarsipan Surat Bagian Organisasi Dan Tatalaksana,” J. Ilm. AMIK Labuhan Batu, vol. 5, no. 3, pp. 26–36, 2017.