PENENTUAN REWARD KONSUMEN RETAIL MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID DI PT. GLOBAL USAHA JAYA
Main Article Content
Abstract
Aktivitas bisnis retail saat ini semakin ramai, banyak pebisnis retail bersaing agar mempunyai customer yang setia. Agar semakin ramai berbagai cara di lakukan oleh pebisnis retail agar menarik hati customer. PT. Global Usaha Jaya telah dilakukan suatu riset agar membuat suatu penentuan reward untuk customer. Permasalahan yang terjadi penentuan reward belum bisa di akses oleh customer, Karena keterlambatan pengelola maka perhitungan masih dalam perhitungan yang manual sehingga mengakibatkan susahnya customer melalukan claim point untuk mendapatkan doorprize. Tujuan dari riset ini agar membangun suatu sistem penentuan reward customer berbasis Android agar customer bisa dengan mudah mengakses dan melihat penilaian yang sudah berbelanja di PT. Global Usaha Jaya dan customer tidak repot lagi menunggu hasil manual dari perhitungan reward. Konsep dari pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Weighted Product (WP) karena metode ini metode yang sederhana dengan perkalian untuk menghubungkan suatu rating atribut, dimana rating atribut harus di pangkatkan dengan bobot atribut yang bersangkutan. Sistem penentuan reward customer di PT. Global Usaha Jaya telah berhasil di buat menggunakan aplikasi Android karena hampir 98% customer memiliki dan memesan barang menggunakan smartphone Android dan juga size nya tidak terlalu berat bagi customer pengguna smartphone Android di PT.Global Usaha Jaya.
Article Details
References
Azis, A. I. S., Zohrahayaty, & Mustofa, Y. A. (2019). Fundamental Pemrograman. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id= kIifDwAAQBAJ
Balango, A., Risnanto, S., Mauliana, P., & Wiguna, W. (2020). APLIKASI SELEKSI PEMASOK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS MOBILE DI PT BINARTHAMA
KHARISMA. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 5(1), 1-10.
Damsar. (2018). Pengantar sosiologi pasar. Prenadamedia Group.
Khotimah, K., Hartanto, D., & Alipah, N. (2018). MENGUAK KESENJANGAN ANTARA PASAR MODERN DAN PASAR TRADISIONAL. Competence: Journal of Management Studies, 12(2).
Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.
Poningsih, P., Saragih, R., Sinaga, S. B., Sinaga, J. L. S., Hasibuan, F. A., Agustina, N., Alifah, W., Deswiyan, I. A., Widiastari, A., & Apriani, T. (2020).
Sistem Pendukung Keputusan: Penerapan dan 10 Contoh Studi Kasus. Yayasan Kita Menulis.
Pradana, F., Bachtiar, F. A., & Al Ikhsan, M. D. (2020). Implementasi Weighted
Product untuk memberikan Rekomendasi Prospek Pelanggan bagi Sales Marketing Berdasarkan Web Analytics. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 367–372.
Sulmiah, S. (2017). PERKEMBANGAN PASAR MODERN DI INDONESIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PASAR TRADISIONAL. LATIHAN, 22(3), 1–4.
Tolle, H., Pinandito, A., Kharisma, A. P., & Dewi, R. K. (2017). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Universitas Brawijaya Press.
Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.