APLIKASI PEMESANAN DAN PENJUALAN PRODUK MANUFAKTUR BERBASIS WEB PADA PERUSAHAAN CV. MEKANIK ANTIK

Main Article Content

Kurniawan Yusuf Wahyudin
Fitriyani

Abstract

Manufaktur menjadi salah satu perusahaan yang dapat memproses bahan baku menjadi suatu produk yang meliputi perancangan produk, pemilihan material, dan tahap-tahap proses dimana produk tersebut dibuat. CV. Mekanik Antik menyediakan produk-produk manufaktur seperti pembuatan komponen-komponen mekanik, suku cadang mesin industri, pembuatan rekayasa mesin, pembuatan panelbox serta pembuatan alat cetak. Semua produk-produk manufaktur tersebut belum dapat dipasarkan dengan baik oleh perusahaan. Pemasaran dan penjualan produk hanya terbatas pada konsumen yang mempunyai relasi secara langsung dengan perusahaan ataupun konsumen yang datang secara langsung ke tempat menyebabkan jangkauan konsumen menjadi terbatas. Berdasarkan dari masalah tersebut, maka dibuatlah sebuah web e-commerce yang fungsinya untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produk-produk manufaktur perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dapat memasarkan serta menjual produk manufaktur secara daring dan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun global. Aplikasi e-commerce akan dibuat dengan berbasis web serta menggunakan basis data firebase cloud firestore, sehingga nantinya memudahkan konsumen untuk mengakses website melalui smartphone, tablet ataupun komputer mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Dwi Hadi, S., Novareza Oyong, & Darmawan Zefry. (2018). Pengantar Proses Manufaktur untuk Teknik Industri. Universitas Brawijaya Press.

Handayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189