Perancangan Aplikasi Mkios Berbasis Android Di PT Simpatindo Multimedia

Main Article Content

Mohamad Sofian
Abdurahman Fauzi

Abstract

Jumlah presentase penduduk yang memiliki telepon seluler mengalami kenaikan yang cukup tajam dari tahun ke tahun. Proporsi yang nilainya di atas seratus persen disebabkan karena data yang digunakan dihitung berdasarkan banyaknya nomor yang dikeluarkan oleh provider seluler. Tumbuh kembangnya industri operator seluler tidak menjamin kemapanan telekomunikasi di Indonesia, meski infrastruktur dan layanannya relatif telah dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat. PT Simpatindo Multimedia (SMM) merupakan anak perusahaan dari Tiphone Group bergerak dibidang Perdagangan & Telekomunikasi sebagai Nasional Authorized Dealer Telkomsel dan Flexi SIMPATINDO. Kesulitan yang dihadapi oleh sales force (bagian penjualan) ketika sedang melakukan transaksi pulsa dengan pihak outlet atau counter sesuai dengan nominal yang dipesan, bagian administrasi yang terkadang menemukan kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum sales force terhadap transaksi pulsa. Hal ini dikarenakan belum adanya suatu aplikasi bergerak yang digunakan untuk melakukan penjualan pulsa pada PT.Simpatindo Multimedia. Penelitian ini disusun untuk membangun aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk melakukan penjualan pulsa pada PT. Simpatindo Multimedia. Hasilnya, sistem yang diterapkan memudahkan sales force dalam melakukan transaksi pulsa dengan pihak outlet atau counter. Bagian administrasi penjualan dapat mengurangi kecurangan transaksi yang dilakukan oleh beberapa oknum sales force terhadap penjualan pulsa. Aplikasi yang telah dibuat dapat memberikan fasilitas pada transaksi penjualan pulsa antara sales force dengan pihak outlet atau counter pulsa

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, M. Z., & Sifaunajah, A. (2016). APLIKASI CEK BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SAMSAT JAWA TIMUR BERBASIS ANDORID. SAINTEKBU, 9(1), 3–4.

Azis, A. (2018). Bermain Android Studio itu Mudah Studi Kasus Pembuatan eM-Tilang. DEEPUBLISH.

Herlinah, & Musliadi. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. https://books.google.co.id/books

Hojanto, O. (2017). Mengupas Rahasia Presentasi yang Memukau. Gramedia Pustaka Utama.

Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 3(2), 85–94.

Maulindar & Mustafa. (2016). Perancangan Aplikasi Tagihan SPP berbasis Android. Jurnal Sainstech, 1(5), 34–37.

Mulyani, S., Suzan, L., Dagara, Y., Yuniarti, E., & Alam, M. (2019). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Implementasi SIA di Sektor Publik. Unpad Press.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex media komputindo.

Wahyuni, H. I. (2018). Kebijakan Media Baru Di Indonesia:(Harapan Dinamika Dan Capaian Kebijakan Media Baru Di Indonesia). Ugm Press.

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2), 49–62.

Zulyanto, A., Noeraini, A. A., Badriah, L. S., & Istikomah, N. (2017). Pencapaian MGDs di Indonesia. UNPAD PRESS.