APLIKASI TOUR GUIDE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS KEBUN BINATANG BANDUNG)
Main Article Content
Abstract
Kreasi dan inovasi dalam pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam
meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke dalam suatu
lokasi pariwisata. Kebun Binatang Bandung adalah salah satu lokasi wisata kota yang
membutuhkan adanya suatu kreasi dan inovasi ini, salah satunya dalam bidang teknologi dan
informasi, yang berupa sebuah aplikasi Tour Guide yang dapat digunakan dengan smartphone.
Aplikasi ini menggunakan bantuan Augmented Reality untuk membantu wisatawan atau
pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang lokasi wahana dan juga satwa-satwa yang
berada di dalam Kebun Binatang Bandung. Metode prototype adalah metode yang digunakan
pada pembuatan aplikasi, karena metode ini menggunakan teknik pengulangan dan
pembaharuan aplikasi hingga mencapai hasil yang diharapkan oleh pengguna, sehingga
metode ini adalah yang paling tepat untuk digunakan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah
sebuah program aplikasi Android yang dapat membantu wisatawan atau pengunjung dalam
bentuk bantuan navigasi lokasi dan wahana di dalam kebun binatang dan menampilkan
informasi tambahan pada satwa-satwa yang ada di dalam Kebun Binatang Bandung.
Article Details
References
Diana, P., Suwena, K., Made, N., Wijaya, S.,
Studi, P., Wisata, I. P., Pariwisata, F.,
Udayana, U., Bali, D., Penelitian, A.,
Mas, D., Peliatan, D., Bali, U., Dalam,
M., Informan, P., Mas, D., Peliatan, D.,
Wikipedia, M., & Ri, K. (2017). Peran
Dan Pengembangan Industri Kreatif
Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa
Mas Dan Desa Peliatan , Ubud. Jurnal
Analisis Pariwisata, 17(2), 84–92.
Disparbud. (2016). Kebun Binatang Bandung.
Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan
Provinsi Jawa Barat.
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wi
sata/dest-det.php?id=486&lang=id
Gu, S. (2017). Peran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan
Pengajaran. Kompasiana.
https://www.kompasiana.com/sarifahgul
akudo/59ed0bfca01dff1e385251e2/pera
n-teknologi-informasi-dan-komunikasi-
tik-untuk-pendidikan-dan-pengajaran
Hijriana, N. (2019). IMPLEMENTASI
TEKNOLOGI 3D AUGMENTED
REALITY Jurnal Ilmiah “ Technologia ”
Jurnal Ilmiah “ Technologia .” 10(4).
Mertayasa, D. M., & Yambese, A. R. (2017).
Sistem Informasi Pariwisata Pantai
Berbasis Web. Elektronik Sistem
Informasi Dan Komputer, 3(1), 51–61.
Mukminin, A., & Rachman, R. (2019).
Reservasi Destinasi Wisata
Menggunakan Algolia Search Pada
Bandung Trans Service Berbasis Web.
(1), 70–76.
Mumpuni, R., Anggraeni, F. T., & Satria, R.
D. (2019). RANCANG BANGUN
APLIKASI PENUNJUK ARAH
BERBASIS AUGMENTED REALITY (
STUDI KASUS?: AREA UPN “
VETERAN ” JATIM ). XIV.
Novita Br Ginting, Yuggo Afrianto, & Suratun.
(2019). Menggunakan Metode
Prototype Dan Pengujian Black Box (
Studi Kasus?: Fakultas Teknik Dan
Sains Universitas Ibn Khaldun ). 10(2),
–588.
Rotinsulu, P. O., Lumenta, A. S. M., Sambul,
A. M., Elektro, T., Sam, U., Manado, R.,
& Manado, J. K. B. (2018).
Implementasi Markerless Augmented
Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung.
Implementasi Markerless Augmented
Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung,
(3), 323–330.
https://doi.org/10.35793/jtek.7.3.2018.2
Wuryandari, A. (2018). Affordances Dan
Dampak Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Di Industri Pariwisata (Studi
Kasus Travel Agent Di Solo). Simetris:
Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu
Komputer, 9(2), 993–1000.