APLIKASI TOUR GUIDE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS KEBUN BINATANG BANDUNG)

Main Article Content

Yeremia Kristian Sudira
Rizal Rachman

Abstract

Kreasi dan inovasi dalam pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam
meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke dalam suatu
lokasi pariwisata. Kebun Binatang Bandung adalah salah satu lokasi wisata kota yang
membutuhkan adanya suatu kreasi dan inovasi ini, salah satunya dalam bidang teknologi dan
informasi, yang berupa sebuah aplikasi Tour Guide yang dapat digunakan dengan smartphone.
Aplikasi ini menggunakan bantuan Augmented Reality untuk membantu wisatawan atau
pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang lokasi wahana dan juga satwa-satwa yang
berada di dalam Kebun Binatang Bandung. Metode prototype adalah metode yang digunakan
pada pembuatan aplikasi, karena metode ini menggunakan teknik pengulangan dan
pembaharuan aplikasi hingga mencapai hasil yang diharapkan oleh pengguna, sehingga
metode ini adalah yang paling tepat untuk digunakan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah
sebuah program aplikasi Android yang dapat membantu wisatawan atau pengunjung dalam
bentuk bantuan navigasi lokasi dan wahana di dalam kebun binatang dan menampilkan
informasi tambahan pada satwa-satwa yang ada di dalam Kebun Binatang Bandung.

Article Details

Section
Articles

References

Diana, P., Suwena, K., Made, N., Wijaya, S.,

Studi, P., Wisata, I. P., Pariwisata, F.,

Udayana, U., Bali, D., Penelitian, A.,

Mas, D., Peliatan, D., Bali, U., Dalam,

M., Informan, P., Mas, D., Peliatan, D.,

Wikipedia, M., & Ri, K. (2017). Peran

Dan Pengembangan Industri Kreatif

Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa

Mas Dan Desa Peliatan , Ubud. Jurnal

Analisis Pariwisata, 17(2), 84–92.

Disparbud. (2016). Kebun Binatang Bandung.

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Provinsi Jawa Barat.

http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wi

sata/dest-det.php?id=486&lang=id

Gu, S. (2017). Peran Teknologi Informasi dan

Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan dan

Pengajaran. Kompasiana.

https://www.kompasiana.com/sarifahgul

akudo/59ed0bfca01dff1e385251e2/pera

n-teknologi-informasi-dan-komunikasi-

tik-untuk-pendidikan-dan-pengajaran

Hijriana, N. (2019). IMPLEMENTASI

TEKNOLOGI 3D AUGMENTED

REALITY Jurnal Ilmiah “ Technologia ”

Jurnal Ilmiah “ Technologia .” 10(4).

Mertayasa, D. M., & Yambese, A. R. (2017).

Sistem Informasi Pariwisata Pantai

Berbasis Web. Elektronik Sistem

Informasi Dan Komputer, 3(1), 51–61.

Mukminin, A., & Rachman, R. (2019).

Reservasi Destinasi Wisata

Menggunakan Algolia Search Pada

Bandung Trans Service Berbasis Web.

(1), 70–76.

Mumpuni, R., Anggraeni, F. T., & Satria, R.

D. (2019). RANCANG BANGUN

APLIKASI PENUNJUK ARAH

BERBASIS AUGMENTED REALITY (

STUDI KASUS?: AREA UPN “

VETERAN ” JATIM ). XIV.

Novita Br Ginting, Yuggo Afrianto, & Suratun.

(2019). Menggunakan Metode

Prototype Dan Pengujian Black Box (

Studi Kasus?: Fakultas Teknik Dan

Sains Universitas Ibn Khaldun ). 10(2),

–588.

Rotinsulu, P. O., Lumenta, A. S. M., Sambul,

A. M., Elektro, T., Sam, U., Manado, R.,

& Manado, J. K. B. (2018).

Implementasi Markerless Augmented

Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung.

Implementasi Markerless Augmented

Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung,

(3), 323–330.

https://doi.org/10.35793/jtek.7.3.2018.2

Wuryandari, A. (2018). Affordances Dan

Dampak Teknologi Informasi Dan

Komunikasi Di Industri Pariwisata (Studi

Kasus Travel Agent Di Solo). Simetris:

Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu

Komputer, 9(2), 993–1000.

https://doi.org/10.24176/simet.v9i2.2527