SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DISLEKSIA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Main Article Content

Aqkly Hermawan
Rizal Rachman

Abstract

Disleksia merupakan gangguan belajar yang menyebabkan kesulitan membaca, menulis, dan mengeja. Diagnosa disleksia biasanya dilakukan oleh seorang pakar atau ahli dibidang tumbuh kembang anak, namun sebenarnya orang tua juga dapat melakukan diagnosa awal kemungkinan disleksia pada anak dengan melakukan pengamatan perilaku anak dalam belajar membaca, menulis ataupun mengeja. Sistem pakar merupakan solusi untuk membantu orangtua dalam melakukan diagnosa awal kemungkinan disleksia pada anak. Sistem pakar ini dirancang dengan beberapa tahap diantaranya analisa kebutuhan sistem, desain, coding dan testing. Sistem pakar ini menggunakan metode fuzzy tsukamoto yaitu setiap konsekuen pada aturan harus dipresentasikan dengan suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Hasil keluaran sistem berupa tipe disleksia dan solusi dari diagnosa. Dalam pengoperasiannya, sistem ini memiliki beberapa pertanyaan yang harus pengguna jawab kemudian sistem akan menyimpulkan hasilnya. Hasil dari sistem ini berupa hasil diagnosa jenis disleksia berdasarkan gejala yang ada.

Article Details

Section
Articles

References

Andamari, S. R., & Amalia, U. (2017). Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android dan Terapi Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Dengan Gejala Disleksia. Psikologia (Jurnal Psikologi), 17-26.

Ayuningsih, D., & Hasibuan, N. A. (2018). Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Pada Mesin Penggilingan Padi Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 371-376.

Ekajaya, F., Hidayat, N., & Ananta, M. T. (2018). Diagnosis Penyakit THT Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2361-2365.

Falatehan, A. I., Hidayat, N., & Brata, K. C. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hati Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto berbasis android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2373-2381.

Istiqomah, M. N., Sunaryono, D., & Soelaiman, n. R. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Media Pembelajaran Siswa Disleksia. JURNAL TEKNIK ITS, 82-85.

Khairina, N. (2016). Analisis Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Status Kesehatan Tubuh Seseorang. SinkrOn, 19-24.

Rahman, F., mandala, E. P., & Putra, T. A. (2017). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINLY FACTOR UNTUK MENENTUKAN JENIS GANGGUAN DISLEKSIA BERBASIS WEBSITE. Jurnal Inkofar, 12-17.