APLIKASI PENGELOLAAN DAN MONITORING SURAT MENYURAT SECARA ONLINE DI HUMAS KOTA BANDUNG

Main Article Content

Gumilar Sayidul Akbar
Erfian Junianto

Abstract

Sekitar 100 surat masuk dan 50 surat keluar setiap bulannya dan sistem surat menyurat saat ini masih mengandalkan hard copy sehingga sulit untuk di monitoring jika adanya disposisi, pegawai harus melihat kembali data tersebut dan mencocokan dengan arsip yang tersimpan di dalam dus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian waterfall karena metode ini pengaplikasiannya yang mudah. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan observasi, studi pustaka, dan wawancara. Bahasa pemrograman PHP, HTML, dan CSS dimanfaatkan untuk membuat Aplikasi Pengelolaan Dan Monitoring Surat Menyurat Secara Online Di Humas Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah pengelolaan dan monitoring surat masuk dan surat keluar di Humas Setda Kota Bandung agar menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien. Hasil penelitian ini menujukan bahwa aplikasi pengelolaan dan monitoring surat menyurat secara online dapat mempercepat dan mempermudah karyawan dalam mengelola surat masuk dan surat keluar karena database surat tersimpan di komputer dalam bentuk file, begitupun proses pengiriman surat menjadi lebih efisien karna pengirim surat tidak perlu datang kekantor karena pengiriman surat dilakukan secara online.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Gumilar Sayidul Akbar, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Teknik Informatika

References

Basirudin, M., & Hakim, L. (2018). Sistem Informasi Surat Desa ( SISDES ) Berbasis Web. Universitas Islam Madura, 166–168.

Cahyati, & Murti, H. (2018). Sistem E-Surat Pada Government Resource Management System Provinsi Jawa Tengah Berbasis Framework Codeigniter. Universitas Stikubank, 978–979.

Kurnia, T. S., Rauta, U., Siswanto, A., Hukum, F., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2017). E-Government Dalam Penyelengaraan Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Universitas Kristen Satya Wacana, 2.

M.Irfan Nawawi (2017) E-Book Pemodelan Perangkat Lunak

Rahmah, D. L. (2014). Perancangan Aplikasi Sisitem Perpustakaan Berbasis Web Pada PT. Dwi Pilar Pratama. Faktor Exacta, 3(3), 282–292.

Sari, K. D. A. (2012). Implementasi E-Government System Dalam Upaya Peningkatan Clean And Good Governance Di Indonesia. Universitas Jember, XI(1), 1–19.

Sandra, Y., Pratiwi, F., & Radillah, T. (2017). Sistem Pencatatan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kecamatan Dumai Selatan Menggunakan Pemrograman Php. Stimik, 9(1), 59. https://doi.org/10.36723/juri.v9i1.85

Santosa, A. T. D. (2014). Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 3. http://eprints.dinus.ac.id/