INTEGRASI RFID UNTUK APLIKASI HELPDESK BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS DITSTI ITB)

Main Article Content

Muhamad Ramdan Fauzi
Salman Topiq

Abstract

 DITSTI ITB (Direktorat Sistem Teknologi dan Informasi) bertugas untuk pelayanan dan penyediaan sarana teknologi informasi yang mendukung kegiatan – kegiatan akademik dan non akademik yang akan meningkatkan daya saing institusi ITB dan salah satu layanan yang dikelola oleh DITSTI ITB adalah Helpdesk. Melalui layanan Helpdesk ini dapat melayani instalasi dan aktivasi Software legal. Permasalahan yang didapat yaitu sehubungan dengan banyaknya mahasiswa, dosen dan tendik di ITB itu menimbulkan permasalahan bagi pengelolaannya, khususnya untuk staf dari bagian divisi Helpdesk, selama ini sistem yang digunakan masih manual dengan membuat kwitansi setiap mahasiswa, dosen dan tendik yang datang ke Helpdesk, dan kesulitan dalam melakukan rekap berkas-berkas. Penelitian ini mengusulkan sistem yang dapat mengatur pelayanan Helpdesk DITSTI ITB berbasis website. Pembuatan aplikasi website ini menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang terintegrasi dengan RFID Smart Card dan NFC Reader ACR122U, untuk tampilan antarmuka menggunakan framework Code Igniter. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa website yang mempunyai beberapa fitur diantaranya mampu melakukan pelayanan instalasi software legal dengan efektif, dapat melakukan perekapan data berdasarkan inputan menggunakan RFID Smart Card dari mahasiswa, dosen dan tendik.

Article Details

Section
Articles

References

Basyari, R. S., Nasution, S. M., & Dirgantara, B. (2015). COMMUNICATION MOBILE DAN KONTROL WEB SERVER UNTUK HAK AKSES RUANGAN Design and Implementation of Door ’ s Access Control Based on Mobile Near Field Communication and Control Web Server for Access Rights. 4(2), 3664–3670.

Cassandra, C. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI APLIKASI HELPDESK ONLINE PT . MUSTIKA MEMADATA. 173–184.

Ardhiansyah, M. (2019). Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk Trouble Ticket PT. Satkomindo Mediyasa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 2(2), 43. https://doi.org/10.32493/jtsi.v2i2.2759

Mauliana, P., Wiguna, W., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. 2(1), 19–29.

Sebastian, K., Suakanto, S., & Hutagalung, M. (2018). Penerapan RFID untuk Pencatatan Inventory Barang di dalam Gudang. Jurnal Telematika, 12(2), 161–168.

Berdaliyev, Y., James, A. P., & Statement, A. P. (2016). RFID-Cloud Smart Cart System. 2016 International Conference on Advances in Computing, Communications and Informatics (ICACCI), 2346–2352. https://doi.org/10.1109/ICACCI.2016.7732405