IMPLEMENTASI CLOUD STORAGE MENGGUNAKAN OWNCLUOD DAN DOCKER

Main Article Content

Anggiawan Yus Saputra
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Penyimpanan data menjadi salah satu kebutuhan bagi perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Beberapa hal yang termasuk kebutuhan akan storage tersebut adalah menyimpan data atau file dokumen. Sering terjadinya kerusakan pada file atau corrupt dan pada harddisk rusak atau bad sector dan kapasitas penyimpanan yang habis, oleh karena itu diperlukan solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan mengimplementasikan Cloud Storage permasalahan tersebut akan terpecahkan dikarenakan media penyimpanan akan lebih tersusun,tidak terfokuskan penyimpanan di harddisk. Cukup dengan membuat virtual mechine yang akan digunakan sebagai Cloud Storage kemudian service disimpan disebuah wadah yaitu Docker. Docker adalah sebuah aplikasi yang berbasiskan teknologi open source yang memungkinkan developer atau siapapun untuk membuat, menjalankan, melakukan percobaan dan meluncurkan aplikasi didalam sebuah kontainer. Docker membuat proses pemaketan aplikasi bersama komponennya secara cepat dalam sebuah kontainer yang terisolasi, sehingga dapat dijalankan dalam infrastruktur lokal tanpa melakukan perbuahan konfigurasi pada kontainer, Docker juga sangat ringan dan cepat. Dengan menghubungkan client dengan Cloud Storage yang sudah dibuat akan terpecahkan masalah yang ada.

Article Details

Section
Articles

References

Alauddin, M. F., Ijtihadie, R. M., & Husni, M. (2017). Implementasi Virtual Data Center Menggungakan Linux Container Berbasis Docker dan SDN. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 6–8. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.23755

Lumena, D., Anton, A., & Nainggolan, E. R. (2016). Analisa Dan Perancangan Jaringan PrIIIate Cloud Computing Berbasis Web Eyeos. None, 13(1), 1–8.

Maulana, J., & Junianto, E. (2019). Implementasi Cloud Storage Menggunakan Owncloud Di PT Akses Cipta Solusi.

Notoatmodjo, 2014:141. (2014). SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PADA “CARDIAC CENTRE HERMAN TONI” DI KARAWANG DENGAN MODEL WATER FALL. X(hal 140).