SPK PENERIMAAN BANTUAN KESEHATAN UNTUK DESA BUMIWANGI MENGGUNAKAN METODE SAW

Main Article Content

Fisal Gumelar
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Pemerintah sejauh ini telah melakukan berbagai bantuan salah satunya bantuan kesehatan agar dapat meringankan beban masyarakatnya. Dengan menyalurkan bantuan kepada pemerintahan setempat. Desa Bumiwangi merupakan salah satu desa yang mendapat bantuan dari pemerintah untuk masyarakatnya dalam hal kesehatan. Pemerintah setempat masih sulit dan kurang relevan dalam hal pemberian bantuan kesehatan kepada masyarakatnya dan kurang tepat sasaran, maka dari itu penulis mengusulkan dibutuhkannya suatu metode (SPK) Sistem Penunjang Keputusan menggunakan metode (SAW) Simple Addative Weighting berbasis web untuk mempermudah pengurus setempat agar lebih relevan dan tepat sasaran. Simple Addative Weighting (SAW) merupakan metode SPK yang didasarkan pada nilai kriteria dan bobot preferensi yang sudah ditentukan, Simple Additive Weighting dapat menyeleksi alternatif terbaik karena adanya proses rating kinerja pada setiap alternatif setelah menentukan nilai bobot untuk setiap atribut. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menentukan siapa yang lebih layak menerima bantuan kesehatan.

Article Details

Section
Articles

References

(Nanda, 2015). (2015). BAB II Tinjauan Pustaka Hemoglobin. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1969, 4–27.

Betha Sidik. (2001). Pemrograman Web dengan PHP by Betha Sidik. Informatika.

Fauzan, R., Indrasary, Y., & Muthia, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2(2), 79. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.101

Michael S. Scott Morton. (1970). Program Management and Interactive Management Decision Systems (Classic Re). Forgotten Books (February 6, 2019).

Smith, A. (1776). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

Suryadi, K. (1998). Sistem pendukung keputusan?: Suatu wacana struktural idealisasi dan implementasi konsep pengambilan keputusan.

Sy, Y. J., & Marna, W. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bayi Sehat. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bayi Sehat, 2(Jurnal Edik Informatika), 88–94.