APLIKASI PEMANDU DIET BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN GOLONGAN DARAH MENGGUNAKAN METODE HARRISH BENEDICT

Main Article Content

Mega Indriana
Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Memiliki berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mencegah munculnya berbagai penyakit. Tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pernafasan, radang sendi dan kanker. Berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan kini banyak beredar. Agar proses diet lebih terarah maka dibutuhkan suatu aplikasi panduan diet berbasis android yang aman sesuai dengan jenis kelamin dan golongan darah. Penggunaan Android saat ini tidak terlepas dari aktivitas kehidupan sehari hari karena dalam pengoperasiannya cukup mudah dan bisa dibawa kemana-mana. Dengan demikian perlu dirancang suatu aplikasi panduan diet berbasis android yang sesuai dengan jenis kelamin dan golongan darah sehingga dapat memudahkan pengguna dalam melakukan proses diet. Pembuatan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Android Studio dan menggunakan metode harrish benedict. Menggunakan Firebase Authentication sebagai otentikasi client, Firebase Realtime Database sebagai penyimpanan informasi program menu makanan sesuai golongan darah dan program olahraga sesuai jenis kelamin. Aplikasi Pemandu Tubuh Ideal Berdasarkan Jenis Kelamin dan Golongan Darah Menggunakan Metode Harrish Benedict dirancang dengan desain yang sederhana agar mudah digunakan oleh masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Almuntador Samuel Muhammad, Rismayadi Akbar Ali, H. S. (2016). PERANCANGAN APLIKASI ABSENSI KARYAWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA PT.MORTENZA TEKTIKTAMA.

Andrian, dr. K. (2018). diet golongan darah.

android studio. (2013). Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android.

Darmawan Nanda Adhika Muhammad. (2019). mtode sdlc.

dkk, mustaqbal. (2015). No Title.

dr. Amelia Fiona MPH. (2019). e-health. https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/2664643/ketahui-jenis-jenis-e-health-dan-kegunaannya

Guru Ruang. (2017). REE.

Hanif, I. (2016). android.

Haryono M.Gizi, SpGK, dr. M. (2017a). tubuh ideal.

Haryono M.Gizi, SpGK, dr. M. (2017b). tubuh ideal 2.

Juansyah, A. (2015). “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android.” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375.

Kasus, Studi, and K. N. (2018). “Aplikasi Mobile Zagiyan ( Zaringan Digital Nelayan ) Dalam Menunjang Produktivitas Dan Keselamatan , Dan Kesehatan Nelayan.” “Aplikasi Mobile Zagiyan ( Zaringan Digital Nelayan ) Dalam Menunjang Produktivitas Dan Keselamatan , Dan Kesehatan Nelayan.,” 2(2), 52–61.

Khambali, Ahmad, and A. S. (2018). “Barang Berbasis Web Pada Sma Kandangserang.” 5(!), 44–49.

Nugraha. (2018). masalah. Aplikasi Panduan Diet Berdasarkan Golongan Darah Menggunakan Fuzzy Logic Berbasis Android, 2.

Pamungkas, Isnanto, Martono. (2016). Pembuatan Panduan Aplikasi Gizi Seimbang Berbasis Android Dengan Menggunaan Backward Chaining. Teknologi Dan Sistem Komputer, Vol.4, No., 370.

Pamungkas, Isnanto, M. (2016). Pembuatan Panduan Aplikasi Gizi Seimbang Berbasis Android Dengan Menggunakan Backward Chaining. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, Vol, No.2, 370.

RDA 10th edition, N. A. P. (1989). No Title.

Rizky. (2011). No Title.

Rolly, Nicky, and N. H. (2015). “PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM ( AIS ) BERBASIS ANDROID UNTUK PENGGUNA DOSEN DAN MAHASISWA ( Studi Kasus?: Pusat Teknologi Informasi Dan Pangkalan Data ( Pustipanda ) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ).” 8(!), 16–21.

Salahudin dan Rosa. (2015). No Title.

Salahudin dan Sukamto. (2015). No Title.

Sudirman. (2016). “Analisis Komunikasi Data Dengan Xml Dan Json Pada Webservice.” CESSJournal Of Computer Engineering, System And Science.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.

Susurah, Sutardjo, P. D. E. B. P. G. P. U. (2015). Penuntun Diet Edisi Baru.

Sutardjo, S. (2005). Penuntun Diet Edisi Baru, chapter 2.

Tofik Isa, Indra Griha, and G. P. H. (2017). “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web.” Ilmiah Ekonomi, Vol. 5 Edi.

xml. (2016). Tim Pelatihan Developer Google.

Yunanda, Anton Breva, Muchammad Sidqon, and E. E. (1945). “Aplikasi Ensiklopedia Klub Sepakbola Indonesia Berbasis Sistem Operasi Mobile Android.”