SISTEM MANAJEMEN PROYEK BERBASIS WEB DIVISI SURVEY DRAWING INVENTORY DI PT. TELKOM AKSES

Main Article Content

Fauzi Faturohman
Salman Topiq

Abstract

Suatu proyek membutuhkan perencanaan yang benar-benar matang dengan menyiapkan semua program teknis dan administrasi agar dapat terlaksana. Perencanaan suatu proyek dapat dilakukan dengan cara studi kelayakan, rekayasa nilai, serta perencanaan area dari manajemen proyek. Sedangkan manajemen proyek berupa serangkaian aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian untuk memastikan waktu, anggaran, dan spesifikasi tertentu dapat tercapai secara efektif dan efisien. PT Telkom Akses Bandung bergerak pada jasa jaringan akses broadband yang memiliki salah satu divisi Survey Drawing Inventory dalam melakukan kegiatan manajemen proyek. Tidak adanya alat bantu bagi tim surveyor dalam melakukan pendataan lokasi proyek jaringan di lapangan. Lalu pihak leader kesulitan dalam mengatur perencanaan proyek jaringan yang dikelolanya. Pada penulisan skripsi ini mempunyai tujuan dalam melakukan analisis dan perancangan untuk membangun sistem manajemen proyek berbasis web pada divisi Survey Drawing Inventory di PT Telkom Akses Bandung. Hasilnya sistem yang dibuat membantu tim surveyor dalam melakukan pendataan lokasi proyek jaringan di lapangan, sehingga memudahkan pihak leader dalam mengatur perencanaan proyek jaringan yang dikelolanya. Sistem manajemen proyek berhasil dibuat menggunakan pemrograman website dengan framework Laravel yang membantu Head Office di PT Telkom Akses Bandung.

Article Details

Section
Articles

References

Dhuha, A. R., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2017). Pengembangan Sistem Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Swadaya Graha). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Harsanto, B., Sonjaya, S., & PRESS, U. (2017). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. UNPAD PRESS. https://books.google.co.id/books?id=CHXcDgAAQBAJ

Megawati, A., & Gustina, D. (2018). Membangun Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Proyek Pemancar Sinyal BTS Berbasis Web Pada PT. Swatama Mega Teknik. Jurnal Ilmiah Fifo, 10(1), 22–28.

Ruslan, W. (2019). Manajemen Proyek?: Jaringan. Penerbit Universitas katolik Indonesia Atma Jaya. www.atmajaya.ac.id

Wiguna, W., Mauliana, P., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 2(1), 19-29.