MEMANFAATKAN FITUR FIREWALL RULES PADA MIKROTIK UNTUK KEAMANAN JARINGAN DI HOTEL LENORA BANDUNG

Main Article Content

Sendythias Pratama Putra
Yudi Ramdhani

Abstract

Jaringan Komputer semakin berkembang dengan adanya Internet. Dengan Internet, banyak manfaat yang didapat dengan jaringan komputer raksasa yang saling berinteraksi. Dalam beberapa hal, terhubung dengan Internet bisa menjadi suatu ancaman bahaya. Banyak kemungkinan serangan yang dapat terjadi, baik dari dalam maupun dari luar lingkup jaringan. Keamanan jaringan merupakan salah satu hal penting dalam implementasi jaringan komputer. Salah satu metode keamanan jaringan yang dapat diterapkan yaitu dengan memanfaatkan fitur – fitur pada Mikrotik. Dari pengujian yang dilakukan, firewall terbukti dapat melindungi jaringan dengan melakukan filtering yang bertujuan untuk mengoptimalkan sistem. Dengan sistem informasi perhotelan yang sudah terintegrasi dengan cloud, peluang rusak/hilangnya data semakin terbuka. Dengan memanfaatkan fitur Firewall Rules pada mikrotik, kita dapat melakukan pencegahan terhadap traffic – traffic penyerangan baik dari dalam maupun dari luar lingkup jaringan. Kita dapat melakukan Drop Ftp Bruteforcers, Drop Ssh Bruteforcers, dan Drop Telnet Bruteforcers. Sehingga dengan memanfaatkan fitur Firewall Rules pada Mikrotik, kita mendapatkan fasilitas Keamanan jaringan yang memadai dan Operasional Hotel Lenora Bandung pun bisa lancar tanpa gangguan.

Article Details

Section
Articles

References

Amarudin. (2018). Analisis dan Implementasi Keamanan Jaringan pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking. 1-7.

Dwiyatno, S., Putra, G. W., & Krisnianingsih, E. (2015). Penerapan OSPF Routing, De-Militarized Zone, dan Firewall Pada Mikrotik Routerboard Dinas Komunikasi dan Informatika Depok. 59-67.

Fajar Adhi Purwaningrum, A. P. (2018). Optimalisasi Jaringan Menggunakan Firewall. 17-23.

Khasanah, S. N. (2016). Keamanan Jaringan dengan Packet Filtering Firewall. 182-192.

Stefen Wongkar, A. S. (2015). Analisa Implementasi Jaringan Internet. 62-68.

Syifa Nur Rakhmah, I. M. (2019). Pengelolaan Jaringan Hotspot Menggunakan Mikrotik Router OS pada PT Arsen Kusuma Indonesia. 15-22.