IMPLEMENTASI JARINGAN WIRELESS BERBASIS ROUTER MIKROTIK DENGAN MENGGUNAKAN VLAN DI SMK MVP ARS INTERNASIONAL BANDUNG

Main Article Content

Nunu Aripin
Yudi Ramdhani

Abstract

Penggunaan jaringan WiFi menggunakan Wireless VLAN ini sangat diperlukan oleh banyak sekolah-sekolah baik SMP maupun SMK, dan untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan topologi jaringan komputer sebagai gambaran susunan network. Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan nirkabel dan kabel serta router yang menghubungkan satu sisi dengan isi lain, ketersediaan router dan harga menjadi pertimbangan utama untuk membangun sebuah network. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antar komputer pun mengalami perubahan. Mulai dari router yang berkembang dan diciptakannya router Mikrotik yang bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer. Hingga sekarang, teknologi jaringan komputer bisa menggunakan teknologi yang menggunakan router Mikrotik untuk melakukan konfigurasi seperti Wireless VLAN. Maka dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, internet hadir tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan suatu kinerja pembelajaran. Dengan ini penulis bertujuan untuk menerapkan jaringan wireless vlan dengan menggunakan router mikrotik di SMK MVP ARS internasional bandung, Untuk memudahkan pembagian jaringan internet secara khusus atau klasifikasi terhadap ruangan satu ke ruangan lainnya ataupun ke gedung satu ke gedung yang lainnya dan untuk memudahkan guru atau siswa/siswi SMK MVP ARS internasional untuk menggunakan jaringan dalam mendapatkan access point.

Article Details

Section
Articles

References

Fausih, M., & T, D. (2015). Media Modul Elektronik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Panjaya, I. D. (2016). Program studi teknik elektro fakultas teknik universitas muhammadiyah surakarta 2016. 2017.

Raja, B., & Sugiyanta, L. (2017). KUALITAS JARINGAN PADA JARINGAN VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK ( VLAN ) YANG MENERAPKAN LINUX TERMINAL SERVER PROJECT ( LTSP ) Virtual Local Area Network ( VLAN ) merupakan sebuah teknik dalam jaringan komputer untuk menciptakan beberapa jaringan yang berbeda. Journal Pinter, 1(2), 82–89.

Riska, Ginta, P. W., & Patrick. (2017). Analisa dan Implementasi Wireless Extension Point dengan SSID ( Service Set Identifier ). Jurnal Media Infotama, 13(1), 44–54.

Widagdo, J. berchman irawan sunu. (2016). Analisis Unjuk Kerja Vlan Dengan Teknologi Virtual Access Point Pada Mikrotik Vlan Performance Analysis With Virtual Access Point Technology on Mikrotik. virtual access point, 1–61.