Diagnosa Hama Dan Peyakit Umbi Talas Dengan Metode Naïve Bayes Berbasis Web

Main Article Content

Kusnadi
Yudi Ramdhani

Abstract

Umbi talas adalah salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang mempunyai prospek penting dan mempunyai sumber karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan jenis umbi-umbian lain seperti ketela rambat maupun ketela pohon. Umbi talas juga termasuk sumber makanan yang cukup penting karena umbinya termasuk bahan makan yang memiliki nilai gizi yang baik dan tangkai daunnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman ini pada mulanya hidup liar di hutan dan kemudian dibudidayakan oleh kelompok tani karena memiliki nilai jual. Sayangnya, sedikit sekali informasi penelitian tentang talas, mulai dari cara budidaya, pembibitan, pemupukan, penyimpanan pasca panen, produk olahan, dan hama penyakit. Tujuan sistem pakar mendiagnosa hama dan penyakit umbi talas dibuat untuk membantu orang yang membudidayakan umbi talas dalam mendiagnosa hama dan penyakit yang menyerang. Sistem pakar ini menggunakan metode naïve bayes berbasis web untuk mendiagnosa hama dan penyakit umbi talas dengan gejala-gejala yang muncul, sehingga muncul hasil diagnosa hama dan penyakit yang menyerang umbi talas tersebut. Hasil dari penelitian ini cukup efisien untuk mendeteksi hama dan penyakit umbi talas dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu mendiagnosa hama dan penyakit umbi talas.

Article Details

Section
Articles

References

Barus, M. V., Mesran, M., Suginam, S., & Karim, A. (2017). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS HAMA PADA TANAMAN JAMBU BIJI MENGGUNAKAN METODE BAYES. Jurnal Ilmiah Infotek, 2502-6968.

Fitriyani. (2018). Metode Bagging Untuk Imbalance Class Pada Bedah Toraks Menggunakan Naïve Bayes. Kajian Ilmiah, 278.

Hasibuan, N. A., Yusmiarti, K., Waruwu, F. T., & Rahim, R. (2017). EXPERT SYSTEMS WITH GENETICS PROBABILITY. International Journal of Research In Science & Engineering, 112-116.

Manalu, E., Sianturi, F. A., & Manalu, M. R. (2017). PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PRODUKSI BARANG BERDASARKAN DATA PERSEDIAAN DAN JUMLAH PEMESANAN PADA CV. PAPADAN MAMA PASTRIES. Jurnal Mantik Penusa, 16-21.

Muslim, A. A., Arnie, R., & Sushermanto. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Cabai Berbasis Teorema Bayes. Jutisi, 867-876.

Pasaribu, L. (2019). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Jurnal Pelita Informatika, 155-159.

Putri, J. C., Haryanti, S., & Izzati, M. (2017). Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Perubahan Morfologi dan Kandungan Gizi Pada Umbi Talas Bogor(Colocasia esculenta (L.) Schott). Biologi, 49-58.

Sukri, Z., & Rakhmad, H. (2016). Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Jeruk Menggunakan Metode Euclidean Distance. jurnal.Unmuhjember.Ac.Id, 123-131.

Syarifudin, A., Hidayat, N., & Fanani, L. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Android. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2738-2744.

Tamba, K. S., Hasibuan, N. A., & Silalahi, N. (2018). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN AYAM DENGAN METODE NAÏVE BAYES. Pelita Informatika, 473-479.