PERANCANGAN APLIKASI DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM HIMPANA BANDUNG BERBASIS WEB

Main Article Content

Wiha Nur Alim
Yudi Ramdhani

Abstract

Pengelolaan dokumen merupakan salah satu hal yang sangat penting pada sebuah organisasi karena berguna untuk meningkatkan efisiensi operasional. Pengelolaan dokumen yang baik akan membuat karyawan dengan cepat menghemat waktu pekerjaan, membuat laporan secara tepat serta pencarian data yang cepat. HIMPANA Bandung merupakan organisasi yang memiliki banyak anggota. Dalam kegiatannya HIMPANA Bandung melakukan pengelolaan dokumen yang banyak, namun saat ini masih pengelolaan dokumennya masih menggunakan cara tradisional. Cara tradisional tersebut menimbulkan beberapa masalah diantaranya adalah proses pencarian dokumen membutuhkan waktu yang cukup lama, pendataan anggota yang tidak rapi dan pembuatan laporan iuran yang tidak efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun Aplikasi Document Management System untuk mengelola dokumen, data pensiunan dan laporan. Model pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototyping. Aplikasi ini dibangun berbasis web dengan PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan menggunakan framework codeigniter. Pengujian aplikasi menggunakan black box testing untuk menunjukkan bahwa aplikasi document management system dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun bermanfaat bagi HIMPANA Bandung dalam meningkatkan produktivitas pekerjaan. Aplikasi document management system dapat memudahkan dalam pengelolaan dokumen, pencarian data anggota, pencatatan data iuran, serta pembuatan laporan iuran dan laporan pengeluaran.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, S., & Siahaan, K. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol 1 No. 1, September 2016 ISSN : 2540-8011.

Dienillah, A. F., & Dewi, A. O. (2018). Upaya Penyelamatan Informasi Melalui Proses Digitalisasi Arsip Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekalongan.

Gustiana, Y., Jaman, J. H., & Heryana, N. (2018). Rancang Bangun Perpustakaan Digital Berbasis Document Management System pada Fakultas Ilmu Komputer UNSIKA. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT).

Handika, I., & Suryawan, I. (2017). Rancang Bangun Document Management System Untuk Mengelola Dokumen Standart Operational Procedure. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).

Kosasi , S. (2018). Peran Teknologi Informasi Dalam Peng Em Bangan Organisasi.

Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi.

Suroyo, H., & Amin, Z. (2017). Aplikasi Sistem Manajemen Dokumen Elektronik Berorientasi Standar Borang BAN PT. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer .

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Sutanto, & Nuryani, E. (2019). Management of the Electronic Archives for Optimizing Services at Banten Jaya University. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 5.