PENGONTROLAN ALAT ELEKTRONIK MENGGUNAKAN MODUL NODEMCU ESP8266 DENGAN APLIKASI BLYNK BERBASIS IOT

Main Article Content

Ade Budiman
Yudi Ramdhani

Abstract

Teknologi di era modern ini mengalami kemajuan yang sangat cepat, seiring dengan kebutuhan masyarakat akan informasi dan kebutuhan lainnya, diperlukan satu atau lebih solusi dalam mempermudah masyarakat / end user dalam berteknologi agar dapat memanfaatkan waktu secara cepat dan efisien. Sistem Kontrol alat elektronika dengan memanfaatkan koneksi Internet menjadi satu solusi yang mendasari peneliti dalam membantu membangun solusi dalam berteknologi di zaman yang serba modern ini. Perangkat keras yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Modul NodeMCU ESP8266 yang memiliki kemampuan memadai, murah, dan hemat daya dengan ukuran yang  sangat kecil sedangkan perangkat lunak menggunakan Aplikasi Arduino Ide dan Blynk. Inilah yang kemudian mendasari untuk membuat kontroler yang murah, hemat daya, dan mempunyai kemampuan yang memadai sbagai solusi untuk pembuatan kontrol peralatan elektronik. Hasil perancangan dan implementasi Rancang Bangun SmartHome menggunakan Modul NodeMCU ESP8266 diperoleh hasil cukup baik saat di implementasikan menggunakan perangkat smartphone menggunakan koneksi Internet.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah Ibnul, H. Y. (2013). PEMANFAATAN MINI PC RASPBERRY PI SEBAGAI PENGONTROL JARAK JAUH. 1.

Al-Qorni W, A. A. (2018). Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Berbasis Web Menggunakan. AL-FIZIYA, 1.

Jannah, M. (2015). RANCANG BANGUN NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) PADA. JURNAL ILMIAH FIFO, 225.

Kurniawan, R. (2016). RANCANG BANGUN DLNA MULTIMEDIA SERVER BERBASIS RASPBERRY Pi. JTI, Vol 8 No.2, Desember 2016, 1.

M, F. W. (2017). IMPLEMENTASI MODUL WIFI NODEMCU ESP8266 UNTUK SMART HOME. Komputika, 1.

Malche, T. (2017). Internet of Things (IoT) for building smart home system. Internet of Things (IoT) for building smart home system, 1.

Muslihudin M, R. T. (2018). IMPLEMENTASI APLIKASI RUMAH PINTAR BERBASIS ANDROID DENGAN. Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS), 23.

Wicaksono, M. F. (2017). IMPLEMENTASI MODUL WIFI NODEMCU ESP8266 UNTUK SMART HOME. Jurnal Teknik Komputer Unikom – Komputika, 1