APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE UJIAN KENAIKAN TINGKAT TAEKWONDO DI KOTA BANDUNG BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Muhammad Irfan Maulana Noerdiana
Ali Akbar Rismayadi
Erfian Junianto

Abstract

Pengcab TI Kota Bandung adalah istilah umum untuk menyebut pengurus cabang Taekwondo Indonesia yang Mengurus organisasi Taekwondo di Kota Bandung untuk para atlit dan menyediakan tempat latihan khusus untuk para atlit dan pelatihnya. Pengcab TI yang berlokasi di daerah Bandung Jawa Barat selalu mengadakan event-event kejuaraan, black belt, ujian kenaikan tingkat, dan seleksi atlit Kota Bandung. Sejauh ini Pengcab TI tersebut dari event Ujian Kenaikan Tingkat nya masih menggunakan sistem pendaftaran secara manual dalam pelayananya terhadap semua instansi begitupun para atlit, dan belum menggunakan sistem aplikasi berbasis mobile dalam pelayananya. Hal ini menimbulkan beberapa masalah yang terjadi seperti pemborosan biaya dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam kualitas pelayanan terhadap instansi. Untuk itu penulis mencoba membuat aplikasi pendaftaran online berbasis android menggunakan bahasa pemograman java. Dengan adanya aplikasi pendaftaran online berbasis android sangat mengefektifkan kinerja dan mengefisienkan waktu serta tidak akan terjadi lagi pemborosan biaya terhadap instansi dan untuk meningkatkan kualitas kepengurusan yang ada pada Pengcab TI khusus nya pada event ujian kenaikan tingkat (UKT).

Article Details

Section
Articles

References

Maryati. (2012). Mengenal Olahraga Futsal. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka ( Persero ).

Nur, A., Muin, M., & Akhmady, A. L. (2018). Pengaruh Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Hasil Servis Panjang Bulutangkis Mahasiswi Program Studi Pendidikan Olahraga Stkip Kie Raha Ternate. 8(2), 63–67.

Listina, R. (2012). Dr. Olahraga Mengajarkan Taekwondo. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka ( Persero ).

Nelly, R., & Paramita, S. (2019). Makna Simbolik dalam Konteks Komunikasi Antar Budaya (Kajian Fenomenologi Terhadap Seni Bela Diri Taekwondo). Koneksi, 2(2), 532. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3933

Lee, K. M., Jeong, K.-Y., & Kim, J.-H. (2008). Poomsae Taekwondo Untuk Kompetisi (F. P. Ardi, ed.).

Widyastuti, R. (2016). Aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis android client server untuk sekolah menengah pertama kelas 7. 08(01).

Tauhida, B. A., Afwani, R., & Anjarwani, S. E. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI HYBRID PENGOLAHAN DATA ANGGOTA DAN EVENT PADA CABANG OLAHRAGA ( CABOR ) TAEKWONDO KOTA MATARAM ( Designing Hybrid Applications for Processing Data Members and Events at the. 1(1), 111–120.

Pribadi, M. R. (2017). Integrasi RUP dan DSDM untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Olahraga yang Komprehensif Studi Kasus: Pengurus Besar Taekwondo Idonesia. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(1), 13. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i1.43

Basar, A. R., Ropianto, M., & Ngadiman. (n.d.). Sistem Informasi Pengelolaan Data Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kepulauan Riau. 2(2), 9–22.

Shahfira, A. (2015). APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENJADWALAN PERTANDINGAN OLAHRAGA STUDI KASUS?: KONI KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA. 1(1), 199–211.

Gusti Arya Ginanjar, Budiman, E., & Pohny. (2017). KARTANEGARA BERBASIS WEB. 2(1), 353–358.

Eka Wida Fridayanthie, T. M. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG). IV(2), 126–138.

Fridayanthie, E. W. (2015). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERALATAN HIKING BERBASIS DESKTOP PADA TOKO CIMONE OUTDOOR TANGERANG. 3(2), 143–151.